Sunday, August 23, 2009

Malaysia - Singapore Trip

Biarpun fotonya begini saya tetap cinta Indonesia woyyy! :p

Woaaaaahhh…
Setelah sekian lama tertunda janjiin cerita soal backpacking Malaysia – Singapore yang udah dilakuin bulan februari kemaren, akhirnya baru sekarang dah ni cerita jadi! Hehehehehe maapkan saya teman yang nungguin cerita ini.. (sapa ya?? Kek nya ga ada deh.. -.-“ ) kemaren2 saya lagi banyak banget ngurusin urusan yang banyak baik urusan sendiri atopun urusan orang
(Lha? Aku si ngomong apa si yaaa?)

Okee
Yang udah mule ga sabar ma ceritanya (siapa ya?? Ga ada lagi deh kayanya,, :p ) kita mulai aja cerita bolang yang udah tertunda setengah taun ini berikut tips2nya berpetualang! ;)

Cerita ini dimulai waktu aku berniat nyari pelarian (hmm.. pelarian, hahahaha LEBAY AHHH.. :p ) because of something… that I can’t tell, yang mana waktu itu aku pengen banget pergi dari pulo Jawa ini (widiiih ekstrim abis lebaynya si yosi! Hahahahahaha ) sekaligus niat cari petualangan baru yang udah lama gw haus banget ma itu! Tadinya niatnya backpacking Jawa-Bali-Lombok aja dan udah nyiapin semuanya yang bener2 mateng dah pokoknya! Cuma dipikir2 lagi nanggung amat nyakk.. ngedenger kata bolang lainnya yang bilang “kalo udah sekali ke luar negeri rasanya ketagihan” tuh bener bangettttt, jadinya entah kenapa waktu itu aku kepikiran Malaysia sebagai negara tujuan pertama buat berpetualang!

Nahh.. kebetulan banget aku itu gabung di milis World Youth Foundation yang mana di sana sering ada info2 tentang conference di negara2 ASEAN khususnya Malaysia, waktu aku check email ternyata emang akan ada conference tentang Asean Cities Against Drugs (ASCAD) tahun 2009 yang bertempat di Melaka, Malaysia. Wiiii.. ngeliat itu mata langsung ijo kan gw?? (aku punya prinsip jalan2 boleh asal ada gunanya, ga Cuma sekedar jalan2 :D) Akhirnya aku pun ngajakin beberapa temen buat ngikut di acara yang berbudget 100 USD buat biaya pendaftarannya ini. Tips 1 : Simpel banget dan gw yakin semua backpacker udah jelas ngelakuin beginian lah karena ini bener-bener MENDASAR. Yaitu : Siapin n tetapin DARI AWAL tu tujuan, kapan berangkat, mau ngapain aja di sana, apakah itu Cuma sekedar jalan2 ato mau jalan2 yang bermanfaat! Cari info segala macem tentang maskapai, hotel, RUTE (butuh beut neh..), objek wisata, transportasi, dan sebagaiiinyaaa di sana! Sepele keliatannya, padahal asli paling ribet tuh urusan beginian kalo kamu ga mau kamu udah berangkat dan di sana Cuma bisa bengong aja! (Dan kalo mau yang penting jalan tapi tanpa tujuan kata sebagian orang mungkin itu juga hal mendasar dari seorang backpacker, tapi menurut gw hidup aja mesti punya tujuan, apalagi liburan? ^^ )

Singkat cerita, aku dan temen2 ber-9 merencanakan trip sekaligus dari Malaysia ke Singapore dan Pekanbaru dengan udah beli tiket per orang sebagai berikut :
Jakarta – Johor Baru (Malaysia) : Rp 689.000,-
Singapore – Pekanbaru : Rp 524.000,-
Pekanbaru – Jakarta : Rp 380.500,-
Semuanya pakai maskapai Airasia yang menurut gw sebagai seorang calon (apa udah belom si?) backpacker lumayan juga si ni pesawat. Jadi total per orang ngeluarin duit pesawat sekitar Rp 1.593.500,- buat transportasi pesawat dari dan kembali ke Jakarta. :D

Bingung?? Sisa transportasinya naek apa??
Well.. here we go.
Minggu, tanggal 15 Februari 2009 aku berangkat dari Surabaya jam 7 pagi naik pesawat Mandala menuju Soekarno Hatta, Cengkareng buat mulai perjalanan ini. Sampe di Cengkareng sekitar jam 9 pagi aku pindah dari terminal 1 (domestic) ke terminal 2 (Internasional) naik Shuttle Bus. (Makluum.. berhubung ini pertama kali, gw pikir shuttle bus tuh bayar, hehehe ternyata gratis.. :p)

Sampe di terminal 2, aku turun dan sempet sarapan di McD (sengaja di lama2in, coz aku bakal nangkring di bandara ini sampe sore! T.T ) terus baca2 apapun yang bisa dibaca sampe temen2 gw dateng.

Nahhh tips kedua gw adalah tentang BEBAS FISKAL guys!! Coz ini merupakan salah satu yang menarik dan perlu dipersiapin dari kisah keberangkatan ini. Aku waktu dulu trip ke Taiwan fiskal itu masih 1 jeti, masuk tahun 2009 ternyata ada peraturan baru, yaitu fiskal naik jadi 2,5 jeti sampe Desember 2010!! DONGDENG! … tapi emang bisa bebas fiskal sih buat yang udah berumur 21 yaitu dengan syarat punya NPWP, atau yang berumur kurang dari 21 dengan bawa fotokopian Kartu Keluarga, fotokopian NPWP orang tua (Ayah) sama fotokopi passport. Caranya yaitu waktu udah ngelewatin check in, kamu harus dateng dulu ke Kantor Bebas Fiskal di ujung kiri tempat check in (kalo ujung kanan itu entry keberangkatan) yang tulisannya gedhe banget warna merah. Kita udah siap2 ni yang belum berusia 21 nyiapin semua persyaratan. Sambil dagdigdug mempertanyakan “Beneran ga sih ini bebas fiskal?? Kalo boongan mampus aja keilangan 2,5 jeti for nothing!!” (hehehe contoh manusia yang enggan bayar pajak dan enggan menaati peraturan pemerintah :p) Ternyataaa sampe ke sana begitu mereka tau kita kurang dari 21 taun ga pake ba bi bu langsung suruh masuk aja tuh ke entry keberangkatan tanpa cek2 persyaratan segala macem. Sial.. nyusahin aja ni orang, mereka ga tau aku ampe bela2in ke kantor Pajak buat ngurusin kartu NPWP ayahku yang udah jaduuul abis dan sempet kelimpungan nyariinnya! Ternyata ga diliat sama sekali. Asem! T.T

Nahhh yang jadi permasalahan adalah salah satu temenku yaitu Kiko ini udah berusia 21 bulan Januari kemaren, katanya dia sih bisa bebas fiskal setelah nanya kantor Pajak di daerahnya, dan nyatanya emang bener sih, dia bebas fiskal juga karena dia masih mahasiswa dan belum punya penghasilan (mengenai syarat2nya dan segala macem tentang bebas fiskal untuk yang udah berusia 21 tahun bisa baca blognya dia di sini)


Singkat cerita kita akhirnya berangkat dari Cengkareng jam 18.55 WIB dan sampe Johor Baru itu pukul 20.45 WIB juga. 2 jam perjalanan tuh ga berasa sebenernya, aku paling seneng adegan take off en landingnya, ngeliatin lampu2 kelap-kelip dari langit itu keren banget guys… rasanya tekanan yang bikin sakit kuping en pusing ini ga berasa jadinya. Beruntunglah gw yang dapet duduk di pinggir jendela.. hehehehe. Ohya, di sepanjang keberangkatan kita dapet tontonan gratis lhoo! Wkwkwkwkwkw..!!! yaitu sepasang bule ganteng ma cantik yang Cuma selisih 1 kursi dari tempat aku – kiko – ma jule duduk, mereka doyaaaaaan banget kissing – necking – grepe2 tanpa peduli sekitarnya pada nontonin! (Hush!!! Yang kurang dari 17 tahun dilarang baca! Wkwkwkwkwkwkw)

Udah.. udah.. jangan dibayangin lagi bulenya (:p), ini ceritanya udah sampe, turun dari pesawat kita langsung aja tuh photo2 sekitar.. hahahaha padahal kan mustinya cepet2 ke keimigrasian, ampe bener2 dijemputin tuh ma petugasnya disuruh cepetan ke keimigrasian, takut dikira kita ngelayap ke mana2 kali yee :p Di keimigrasian kita nyerahin Invitation Letter Conferencenya yang menyelamatkan kami dari sangkaan TKI.

Nahhh ampe sini acara bingung puuuun dimulaaaai.. hahahahaha.
Kebingungan yang pertama! Ini mau nginep di mana ya??? Hahahahahaha…. Kita emang udah planning mau nginep di bandara, tapi ga ngerti mau nginep di bagian mananya! Sementara cari hotel di jam segitu larut kayanya susah, karena emang ini tempat yang baru pernah dikunjungin, kita ga siap peta Johor Baru termasuk hotel2nya (karena sekali lagi rencana awal itu nginep di bandara) Sempet tuh nemu bangku yang lumayan empuk buat tiduran, tapi Cuma dikit yang kosong sementara kita ber-9! Udah gitu keburu direbut orang juga! Dan kita lapar.. T.T sementara di bandara itu semuanya tutup! tempat jualan makanan nya tutup juga! Huuuh… Akhirnya setelah muter2 menjelajahi bandara (banyak istilah2 baru yang ditemukan di sini misal Pintu Emergency = Pintu Kecemasan, Toilet = Tandas, dan buanyak deh yang istilah2 yang kayanya lucu kalo dibandingin sama istilah kita, hehehe) dan nanya-nanya orang, akhirnya kita pun menuju ke bawah buat nginep di Surau!

Kalo cemas pengen boker lewat sini juga?

Tau surau itu apa?? Surau itu mushola bwt sholat untuk orang2 beragama Muslim. Hehehe.. walaupun saya Non Muslim tapi seru juga kok nginep di situ, langsung di lantai yang sumpah!!! Dingin banget sampe ke tulang!! Besok paginya sudah kuduga ni badan pegel2 abis! Hehehe. So, tips ketiga adalah : ketika kamu ga bisa nemu tempat buat nginep, cari lah ke tempat2 umum yang terjangkau. Kebetulan Surau Bandara Johor Baru cukup sepi dan nylingsep ke bawah di lantai 1, jadi ga banyak orang yang ngeliatin kita tepar di dalamnya, hehehehe


Besok paginya kita bangun jam tengah 7 pagi waktu Malaysia. Suasana jam segitu itu tuh mirip bangettt sama suasana jam tengah 6 pagi waktu Jawa Tengah! Hehehehe iya sih, bego juga IPA n Geografi si yosi ni. Kalo di Sumatera juga kan sama persis kaya gitu karena faktor geografis yang ngebuat Jawa Tengah dapet matahari lebih dulu. :p Setelah sarapan, kita berangkat dari Bandara Senai ke Terminal Larkin. Aku lupa nama bisnya apa, Bis A1 kalo ga salah, warnanya oranye gitu. Tarifnya 3,5 RM langsung nyampe di terminal Larkin yang makan waktu sekitar 1 jam.

Sekitar jam 9, sampe di terminal Larkin kita bingung nyariin armada yang bisa ngebawa kita ke terminal Melaka Sentral di Melaka. Aku udah punya sih beberapa catatan armada yang bisa di jadiin pertimbangan yang kudapet dari beberapa blog orang (salah satunya di sini www.tourism-melaka.com), Cuma sayangnya data yang kupunya itu data tahun 2007, hehehehehee sementara waktu itu tahun 2009 bo’ :p jelas aja harga2 pada naik. Ada beberapa pilihan sih dan kamu bisa milih dan bedain mana bis yang bagus dan mana yang enggak. TAPI tips keempat pokoknya kalo kamu udah nyampe di terminal adalah.. HATI-HATI MA YANG NAMANYA CALO! Ga di Indonesia ga di Malaysia namanya calo tuh banyakkkk buangettt sampe ke depan loketnya (armadanya aku lupa apa) masih nyalo aja tu orang.. Kita NYARIS TERTIPU mau bayar harga 25 ringgit, waktu aku tau ada yang ga beres ditawar 20 RM ternyata masih bisa, aku langsung curigasion. Setelah kutanya penumpang lainnya di bis itu ternyata emang harganya Cuma 19 RM. Sial.. nyaris ketipu 1 RM, tapi untung kita belum bayar! Hehehe tadinya kupikir ga masalah, tapi ternyata kita yang udah naik diturunin lagi dan dimintain bayar dulu sementara kita ga tau yang mintain ini bener asli pegawai armadanya ato bukan. Ngeliat ga beres gitu aku langsung mutusin “Udah kita naik armada lain aja!”

Nah.. saranku kalo kamu mau backpaking Johor Baru – Melaka, langsung ke loket tanpa ba bi bu nanggepin orang2 pada ngedeketin. Ga usah tanya-tanya, dicari aja yang namanya loket tuh keliatan kok. Rekomendasiku adalah pakai aja armada Delima. Cari loketnya ada tulisannya besar2 kalo ga salah warna merah. Ini bisnya baguuus sama warna merah juga.. udah gitu bersih, dan nampak masih baru keknya. Ga jauh beda sama bis2 di Taiwan. yang waktu itu aku naikin. Lumayanlah pokoknya dengan harga 19 RM juga. Pokoknya dijamin puass.. hehehe

Perjalanan Terminal Larkin – Melaka Sentral ditempuh dalam waktu dari jam 09.00 pagi sampai sana 12.30an (itung sendiri lamanya berapa :p ) Dari situ setelah sempet telpon panitianya, kita berangkat ke Legacy Hotel, tempat conferencenya bukan tempat nginep kita, pake Taxi dengan tarif 12 RM per taxi.

At Avillion Legacy Hotel - Melaka

Selama 3 hari 2 malem di Melaka – Malaysia ada banyak hotel pilihan sih di Melaka, tapi aku rekomendasikan hotel yang kubilang murah tapi bagus yaitu hotel Hallmark (www.hotelhallmark.com) ! Emang bukan hotel ala backpacker sih, dalam artian ini bukan hotel yang 1 kamar isi 8 ranjang tingkat gitu, hehehe. Ini hotel biasa yang cocok buat liburan keluarga gitu deh. Dan sekali lagi tergolong murah dibanding hotel lainnya. Kita ambil family suite yang bisa buat 4-5 orang dengan tarif per kamar setiap malem adalah 168 RM (jadi per orang cukup bayar sekitar 40an RM per malem sudah ples sarapan. Termasuk murah lho buat ukuran saya dan udah pake kamar mandi dalem) Abis itu kita jalan-jalan deh explore melaka. :D

Keren ga foto ini? :D

Yang spesial about Melaka itu adalah kalo sore sekitar jam tengah 8 (maghribnya sana) jalanan tuh udah sepiiii. Tapi lampu2 nya mulai nyala di gedung2...
wiiii... keren abis deh pokoknyaaaaa... ^^


Keren kan??
Hampir semua gedung di sepanjang jalan punya lampu kaya gitu
dan nyala semua kalo udah mulai petang :D

Satu hal yang sangat menarik buatku tentang acara ASCAD yaitu karena yang ngadain pemerintahan Melaka, acara ini membuktikan kalo mereka sangat menghargai tamu dari negara lain ! (Di tengah segala pencurian-pencurian budaya yang lagi nge HOT di tanah air, bukan berarti saya membela Malaysia, saya Cuma mencoba menampilkan sisi lain dari warga negara mereka ^^) Pelayanan mereka ke kita top banget! Berasa orang penting banget gitu di negara itu. Gimana ga penting?? Tiap hari kita di anter jemput kemanapun tempat yang kita mau, ditungguin dari berangkat sampe pulang pake jemputan, padahal service seperti ini kayanya jarang ya diterima peserta kalo konferensi di tempat lain!

Jalan-jalan, salah satunya ke Icon Melaka : Taming Sari Tower

View of Melaka from Taming Sari Tower

Yang paling menarik buat gw adalah waktu acara Cruising Melaka River. Kita jadi orang pertama yang naik Bis “Jabatan Ketua Menteri Melaka” yang mana bis ini setingkat sama bisnya pak Gubernur ga sih?

Top Services

Kita dianggep tamu kehormatan gitu setara tamu2 dari negara lain kek pejabat dari Brunei yang kita temui itu misalnya, pengawalan bis ini kemana-mana pake Polisi!! yang lain dilarang menghalangi jalan kemanapun bis ini pergi… wew… di negara sendiri aja aku ga pernah digituin, kemana2 di jaga ketat polisi.. kalo di negara sendiri ga bisa kaya gitu kecuali aku adalah narapidana ato orang penting negara (negara ya, bukan kabupaten! :D)

Jumlahnya ga cuma 2 lho yang ngawal kita ;)

At ASCAD :p


Bareng Prof. Paulina dari BNN Indonesia

ASCAD ini berakhir dengan kunjungan ke Rehabilitation Center for Juvenil di Tiang Dua sampe sore sekitar jam 4 Waktu Malaysia. Nahhh.. malem itu sesuai planning kita emang mw goes to Kuala Lumpur biar malem itu nginep di Kuala Lumpur. Akhirnya kita naik armada Transnasional seharga sekitar 12 RM kalo ga salah, yang memakan waktu sekitar 4,5 jam perjalanan dari Melaka ke Kuala Lumpur.

Akhirnya sampe di Terminal Puduraya KL, kebingungan kedua dimulai!! Ini mau nginep di mana lagi ya???
Coz kita emang udh booking semacam penginepan kecil gitu deh, namanya Pondok Lodge, tapi kita ga ngerti ada dimana tu Pondok! Buta Kuala Lumpur ni asli! Banyaaak banget yang nawarin hotel en motel, coz penampilan kita yang bawa2 koper besar emang nunjukkin banget kalo kita itu turis.. Akhirnya kita jalan ke arah atas (Bukit Bintang) sesuai petunjuk cerita bolang backpacker lainnya yang aku dapet di internet. Kalo dari Terminal Puduraya ke arah bawah itu berarti ke Petaling Street. Nah, motel2 kecil ada banyak deh di sepanjang jalan itu. Dan harganya emang bener-bener bervariasi. Karena kita udah capekkk banget jalan kaki sambil geret2 koper besar, akhirnya kita menetapkan pilihan untuk nginep di Apple Inn ga jauh sekitar 10 menit jalan kaki dari pintu Terminal Puduraya. Harga per kamarnya (untuk dua orang) adalah 55 RM, jadi per orang bayar sekitar 27an RM. Emang sih, kondisinya beda jauh sama Hotel Hallmark. Kamarnya sempit, pake spring bed sama ber-AC sih, tapi Kamar mandinya unik gitu deh.. hehehehee Kalo lo backpacker sejati sih ga bakal ngeluh.. tapi kalo lo Manis Manja Group jangan coba-coba untuk nginep di hostel ini.. :D

Malem itu diakhiri dengan jalan-jalan dan makan sayur dan lauk dengan harga 6 RM di daerah Petaling Street .

Kamis 19 Februari 2009, ngubek-ubek Kuala Lumpur dimulaaaaaaaai! :D
Tujuan pertama kita adalah Twin Tower alias Petronas yang jadi icon Malaysia itu!
Oke, gw kasih tips gimana cara kesononya dari arah Terminal Puduraya. Lo emang bisa naik taksi sih, dengan harga kalo ga salah 20 RM apa ya?? Tapi kalo mau hemat nih yaaa, gw saranin naik MRT aja yang cepet n murah. Lo jalan aja dari Terminal Puduraya ke arah Petaling Street, tapi liat2 papan penunjuk arah ato tanya2 sama orang dehh ke arah manakah Station Masjid Jamee, ato mungkin bisa juga dari station Plaza Rakyat, tapi karena ga sejalur itu bakal lebih ribet lagi. Hehe. Harga tiketnya itu sekitar 1,6 RM kalo ga salah.

Twin Tower emang keren abis.. 4 lantai di dasarnya itu sengaja untuk mall, dan kita makan seharga 7,8 RM di salah satu sudut restorannya yang menghadap langsung ke jalan di lantai 4 (strategis deh pokoknya). Trus kita langsung ke lantai bawah buat dapet tiketnya. Sempet nunggu dan ngantri sambil liat banyak pernak pernik miniatur di sana.

Tinggal 3 ni yang blom dikunjungi ;)

Lebih tinggi gw kan? :D

Trus kita langsung meluncuuuurrrrr ke atas dari lantai paling bawah itu buat berada di tengah2 jembatan yang menghubungkan kedua menara itu. Gratis lho guys… meskipun Cuma boleh 10 menit di sana tapi lumayan.. ^^

Petronas vs Bali
(Again.. Berani2nya mereka nyuri tari Pendhet kita..)

ABis dari twin tower kita niat mo ke Genting Highland. Katanya sih ini serupa TMIInya Indonesia. Dari Stasiun MRT KLCC kamu naik MRT ke arah Taman Putra, abis itu dari Stasiun Taman Putra naiklah bis Ke Genting seharga 7,6 RM. Perjalanan keknya makan waktu 1 jam kalo ga salah.

Genting dalam sudut mata gw dan temen-temen katanya masih lebih bagus TMIInya Jakarta. SOalnya arena bermain di sini cenderung kotor, rusak, dan tak terurus. Masih lebih mengkilap arena punya kitaaa. Padahal katanya dulu iklannya bagus guys. Tapi emang yang paling KEREEEEEN di Genting ini adalah SKYWAYnya guys… itu lhooo.. apa si ya namanya kalo di kita tuh? Kereta gantung yang pake kabel buat melintasi bukit2 di Genting ini. Kata Joko Skyway di Genting ini merupakan Skyway terpanjang di Asia Tenggara (apa Asia ya? Kelalen :p) dan emang nyatanya keren abis sehh.. suhunya dingin dan pemandangan bukit-bukitnya tak terlupakan. ^^

Trus setelah sampai di sana aKu Cuma naik Jetcoaster harga 12 RM sama Europe Express buat ngeliat kota dari atas bukit harga 8 RM. Pengen sih nyobain Sky Venture, yaitu arena dimana kita berasa terbang karena didorong angin kenceeeng banget dari bawah jadi kek terjun dari pesawat gitu deh (apa sih nama olahraganya? Duh.. eke bukan olahragawan, ga hafal begituan :p ) CUma harganya mahal mampus, 50 RM! Oh iya, tiket bis tadi itu ternyata Cuma buat naik skyway 1 kali pergi, jadi pulangnya kita mesti beli tiket skyway lagi 5 RM (bisa si naik bis, tapi lupa harganya berapa :p)

Intinya dari Genting kita kembali ke Terminal Puduraya, Kuala Lumpur, dengan naik bis harga 3,5 RM. Sampai sini kalo ga salah udah sore menjelang malem apa ya? Akhirnya kita langsung ke Petaling Street dan belanjaaa banyaaaaaaakk di sana. Petaling Street ini kek Night Market di Taiwan(Cuma lebih berantakan sini :p) jadi kalian bisa tawar menawar juga, pinter-pinternya kalian deh. Aku Cuma belanja miniatur2 gitu buat oleh2, gantungan kunci, kaos, sama makanan-makanan kecil.

Finally malam terakhir di Kuala Lumpur kita habiskan bwt beli tiket Bis ke Singapore naik Singapore City Express harga 39 RM.

Esoknya kita check out dan berangkat jam 9 pagi. Sempet dioper ke bis Travel 707, dengan supirnya orang India semua yang kalo ngomong bahasa Inggris ajibbbb cepet banget! Nahhhh sampe di keimigrasian malaysia kita semua turun (Tips kelima : PASPORMU adalah NYAWAMU. Jadi jangan pernah ketinggalan tu barang yah??) Abis cap-cap dikit kita semua naik Travel 707 lagi buat menyebrangi jembatan yang menuju ke Singapore.

Nahhh… kesan pertama masuk Singapore adalah, “Duileee… Kamera pengawas di mana-mana… “
Suwir! Tiap berapa km bis jalan juga pasti ada cameranya. Kembali ke keimigrasian, TIPS keenam : JANGAN PERNAH BAWA PEPPERSPRAY SAMA ROKOOOOK ke sini!!! Kalo ga mau kena charge of duty mahal gara-gara kamu bawa barang ini… Emang sih.. rokok di sini harganya gileeeeeeeeeeeeee… selangit! Harganya minimal 11 SGD (Singapore Dollar) lebih per bungkus atau sekitar 90rebonan rupiah!!! Mantep kan?? :D

Rokok Sampoerna bisa nyampe sini dengan harga yang gila2an :D
Liat bungkusnya! Gambarnya T-O-P!
Jadi bukan cuma warning kecil ukuran seuprit doank kek di Indo!

Singapore emang pay attention banget sama permasalahan ini (ini yang gw suka dari singapore :D) Udaranya bersih jadinya, jarang deh liat orang ngerokok dimana-mana, atau kalo ngeliat ada yang ngerokok udah bisa ditebak dy pasti orang kaya. Mereka emang concern sama Global Warming, coz kalo sampe Global Warming menghebat, negara Singapore bakal dengan mudah tenggelam.. LOVE SINGAPORE! Kapan ya Indonesia begini? :p

Di Keimigrasian Singapore tips ketujuh : jangan lupa bawa semua barang, jangan sampe ketinggalan!! Karena kemungkinan kita bisa naik bis yang berbeda dari yang tadi kita naiki!! Ini aku pengalaman banget karena di keimigrasian ini terjadilah suatu tragediii sodara-sodara..

Ada 2 jalur masuk waktu itu dan yang paling depan adalah aku sama Kiko di kedua jalur itu dan kita berhasil lewat dengan lancar sampe melewati X-ray.. Nah abis itu entah kenapa ke 7 temanku yang lain ditahan sampe ke kantor keimigrasian. Terutama teman ku Sisil yang kebetulan berkerudung entah kenapa diintrograsi gitu sama petugasnya sampe cap jempol juga. Entah karena dikira TKI selundupan atau karena hal lain waktu itu, aku ga ngerti deh. Aku sama Kiko nunggunya udah ketar-ketir aja waktu itu, sampe ditinggal bis meskipun supirnya udah bilang jangan khawatir nanti bisa naik bis berikutnya dan dy akan hubungi mereka. Untung kita ga sendiri, ada 1 bule cewe yang pasangannya si cowo juga ditahan bareng sisil. AKhirnya kita ber 11 naik bis Travel 707 berikutnya setelah masalah di keimigrasian selesai.

Sampai di terminal Singapore (lupa aku namanya apa :D)
Kita bingung… heheheheheee.. mau ngapain abis ini yah? Akhirnya kita makan di Albert Cooked Food dan makan masakan Indonesia di sana. Nasi Goreng sama es teh kalo ga salah harganya 3,8 SGD atau sekitar 35rebonan lebih. Heheheheee.. mahal yah? T.T

Tujuan utama kita adalah ke Simei, ke tempat saudaranya Sisil di mana kita akan menginap 4 hari ke depan. Tapi kita sama sekali ga ngerti! Buta arah! Buta ini mau ngapain abis ini?? Mau gimana?? Karena aku sama sekali ga prepare buat perjalanan di Singapore karena kupikir ada saudaranya Sisil yang akan menjemput kita. Jadi waktu itu emang bener-bener kek orang kehilangan arah.. hehehehee..

Akhirnya kalo ga salah sisil pun bilang kita naik MRT aja. Dan MRT terdekat di situ adalah MRT Bugis. Di sinilah kebingungan di mulai saudara-saudaraaa… Kenapa??

Mungkin di mana-mana sistem naik MRT sama. Waktu aku di Taiwanjuga kurang lebih sama, Cuma karena dulu di Taiwan gw selalu dibeliin ga pernah beli sendiri, dan di malaysia kita naik MRT itu beli tiketnya seringnya langsung sama petugasnya di loket, tapi di Singapore ga bisa begitu… semuanya pake mesin khusus (di Malaysia juga ada) tapi ga ada loket khususnya. Jadi kita binguung ga jelas sampe kita disuruh security ngebuka tas (curiga ada bomnya kali yah?). AKu ngeliatin orang-orang kok bisa ada yang langsung lewat Cuma nempel-nempelin tas ato dompet mereka tanpa beli tiket tapi ada juga yang mesti ke mesin itu dulu. Akhirnyaaa aku bertanyalah pada salah seorang petugas…

Oooo… ternyata beli tiket MRT itu (maklum, baru pertama kali neh… makanya aku berbagi ilmu dengan kalian ^_^ ) kita mesti tentukan dulu perjalanannya ke mana, jangan lupa liat ujung stasiun terakhir tujuan kita itu kemana?? (maksudnya gini, liat foto peta MRTnya ya? kalo tujuan kalian ke Farrer Park dari Dhoby Ghaut, liat ujungnya yaitu Stasiun Punggol, jangan liat ujung yang laen yaitu Harbour Front) trus abis itu ada tarifnya berapa kan? Kita masukin deh tuh duit (yang akan ditarik otomatis sama mesinnya) trus tunggu deh sampe keluar kartu sama kembalian kita dari mesin itu. Abis itu barulah kita bisa lewat dan akhirnya tinggal melirik kereta kita ke arah mana Punggol atau Harbour Front, So kita pilih yang jalur menuju Punggol. Pokoknya jangan sampe salah jalur deh :p

Contoh peta MRT Jalur North East
Tapi biarpun salah jalur sumprit kamu ga bakal tersesat :p

Singkat cerita sampailah kita di Simei ketemu sodara-sodaranya Sisil. Dan kita dibeliin EZL Link Card seharga 10 SGD masing2!! Apa tuh EZL Link Card? Masih inget yang tadi kubilang orang-orang yang ga beli tiket langsung main tempel dompet ato tas mereka? Ternyata di dalemnya ya ada kartu ini buat pergi kemana-mana yang tiap pergi jelas nilai nya akan berkurang otomatis di kartu itu (canggih ya? Kapan Indonesia begitu? T.T )

5 hari 4 malem di Singapore kita habiskan dengan jalan-jalan ke Little India, Mustafa Center, Merlion, Chinatown, Orchard,
Sampe sekarang aku lupa nama rivernya apa :D

At Merlion

dan tak lupa ke Sentosa Island. Sentosa Island itu ibarat pulau wisatanya Singapore di mana di sini juga banyak wahana dan pantai tempat berlibur wisatawan domestik atau asing yang kubilang bersih dan cukup rapi. Untuk menuju ke Sentosa Island, kamu harus naik MRT dulu ke Harbour Front.

Sok Turis :p

Abis itu boleh pilih naik Skyway kek kemaren pas aku membahas di Genting itu (Cuma mahal abis booookkk sumprit!) atau naik MRT khusus yang terletak di lantai atas dan seharga Cuma 3 SGD. Di Sentosa Island (yang waktu kita dateng lagi ada pembangunan) kamu bisa ke Songs of The Sea,

Kata Alex aku endut :((

Pantai Siloso,
Lumayan kereeen :D

Duhhh S-nya berat maasssss... XD

Kemana-mana naik Trem ini di Sentosa Island

atau patung Lion yang mirip kek di Merlion Park tapi ukurannya jauh lebih besaarrrrrrrrr.

See? How big it was.. :p

Hari terakhir di Singapore tanggal 24 February 2009, kita packing buat pulang ke Indonesia (Pekanbaru_red) naik taksi menuju Changi International Airport. Menurut gw, Airport Singapore adalah Airport paling keren daripada Airportnya Indonesia, Malaysia, ataupun Taiwan. Gimana yah deskripsiinnya? Lebih variatif aja gitu deh, lebih rapi, dan lebih classy. :D

Akhirnya kita berangat ke Pekanbaru menuju rumah salah satu temanku yang sangat baik yaitu Icha ^^

Icha yang paling kiri baju coklat :p

Di sini kami semua udah ngerasa capek, jadi yang tadinya mau jalan-jalan jauh pun jadi urung.

Di depan kantor Gubernur Riau
(Sumprit aku dulu ternyata udah tembem ya??)



Kalo mampir PekanBaru kata Mamanya Icha jangan lupa makan Durian di sana. Ada 1 jalan yang sepanjang jalan isinya orang jualan duriaaaan semua, bisa langsung makan di situ (bayar tentunya setelahnya :p) Pekanbaru terkenal dengan dodol duriannya yang emang enak :p

Kiko mabok duren :))

Finally kembalilah aku ke Soekarno Hatta tanggal 26 Februari 2009.
Dan kali ini kita berpisah di sini. Aku sendirian naik bis DAMRI dari Cengkareng menuju Gambir Jakarta dan akhirnya nungguin di Gambir sampe naik kereta Bima buat menuju ke Purwokerto.

***


Akhirnya selesai juga cerita ini dibuat setelah sebelumnya tertunda selama hampir setengah tahun! Hehehehe..

Cerita ini aku buat bukan buat pamer, atau bergaya, atau apapun itu lah. Tapi untuk berbagi pengalaman, berbagi pelajaran dan tips juga (terutama buat mereka yang doyan backpacking juga), berbagi influence tentang betapa mengasyikkannya backpacking kalo kamu bisa mendalami maknanya dan kebanggaan yang muncul setelahnya.

Semua perjalanan ini bukannya tanpa arti di hidup aku.

I’m a traveler..
Would like to call myself as a backpacker as soon as possible.
I’d walk a million miles to gain new experiences, new exciting moments, new point of view in my life..

Sampai jumpa di cerita-cerita berikutnya! “\(^^)/”
Percaya ga foto ini diambil di depan pintu lift? :D


Daaaaah...

2 comments:

  1. waahhh kayaknya menyenangkan sekaleee,,,bagus juga berbagi pengalaman biar temen" yang pengen kesana n blum pernah kesana jadi ada gambaran lah,,,,mau ke mana lagi nih. taiwan, singapore, malaysia udah tinggal kemana lagi??

    ReplyDelete