Tuesday, June 24, 2008

si Damyat... Wattttaaaaaaaaaaauuuuu!!!

Ini adalah kelanjutan cerita dari kegilaan seorang Yosi yang cuma punya modal beberapa butir proposal dan kenekatan naik motor menuju Solo bermodal papan petunjuk arah : “Solo --> ” (baca : arah sini) ..............
Kegilaan naik motor berdua aja sama sapibun (baca : sapi bunting) itu alias Wika, sohib dari jaman SMP yang kebetulan kubawa kabur hari itu, Sabtu, 14 Juni 2008, yang akhirnya ngebawa aku ke hororisme muka ku yaitu timbulnya jerawat-jerawat baru tanpa berperikejerawatan!! (seperti yang udah ku posting di blog ini sebelumnya,, hehe)

....

Sebelum kesitu,
mungkin feeling udah berasa kaga beres waktu di Cilacap kali ya,
(Oh iya, aku belum cerita ya sejak dari kantor imigrasi Cilacap itu?)
Dari kantor Imigrasi aku bareng papa tercinta berhasil muter2in cilacap karena emang diputer-puterin ama Pertamina sekaligus PT. HOLCIM dengan kejam....

Dimulai dari Pertamina bagian Pemasaran (karena ga ngerti yang mana kantornya) kami berdua ternyata keblabasan sampe bagian Pengolahan, dan sampe di sana, ternyata kami disuruh balik lagi ke tempat yang tadi kami lalui (padahal udah jauh dan lama ngelewatinnya) karena ternyata kantornya ketutupan Pom Bensin... (*capeeee deeeehh...)

Eeeehh.. sampe di Bagian Pemasaran,, setelah menarik nafas sejenak dan ngajuin proposal, ternyata kami disuruh langsung ke bagian Industri yang jarak dan situasi jalannya ngelewatin lagi bagian Pengolahan tadi dan lumayan bikin jerawat bejendol satu di pipi. Hehehehe...


Dan parahnyaaaaa......


Udah nyampe di bagian Industriiiiiii... ternyataaaaaa......
Proposal kamiiiiii....
(jreng jreeeng jreeeeenggggg...)
Diiiiitooooolaaaaakkkkkk.......
Huehuehuehheuheue ^^
(*tape deeeeh...)
Katanya suruh langsung ke Semarang aja..fiuhh... bilang aja kaga mau ngurusin.. huh..
(*duileee ngambeeek,,, huehehehhee)

***

Akhirnya masih dengan semangat 45 aku dan papa pergi ke PT HOLCIM yang ga terlalu jauh dari situ, dan kami cukup tersesat dari Gate 04 kembali disuruh menuju Gate 01 dengan kondisi yang tidak jauh berbeda dengan waktu di Pertamina, sampe akhirnya aku bisa nyampe ke agen travel untuk berangkat menuju yogyakarta....

Waktu di Agen travel...
Rupanya feeling tidak cukup memadai waktu itu...
Kenapa?? Karena.. Aku ternyata naik travel tujuan Yogyakarta yang tidak mengantarkan penumpang sampai tujuannya.... (Aneh kaga sih? Di mana-mana travel kan nganterin penumpang sampe alamat tujuan nyakk? Travel baru ini dengan merk J****S**** ternyata travel baru yang punya sistem sendiri, yaitu menurunkan penumpang di titik2 tertentu aja di yogyakarta)

Mampus gue...
Batin Yosi kala itu.
Kenapa lagi Yos..???

Karena oh karena guys...
Yosi tuh buta Jogja sama sekali!
Meski sering maen ke jogja, tapi sama sekali ga hafal...
Mo diturunin dari mall terbesar di Jogja sampe kolong jembatan sekalipun, aku ga ngerti gimana caranya supaya bisa sampe ke kosan sapibun dengan selamat.... (*duilee... lebayy)

Tapi untungnya... (Thank’s God..)
Ada temen papa yang juga ikutan naik travel itu (Mas Tunjung dan Istrinya, yang rupanya akhir bulan ini juga mau ke Taiwan lhoww ^^ ), akhirnya aku pun dititipkan pada keluarga ini untuk sampe dengan selamat di Jogja...

Upppsss... tapi cerita tidak berhenti sampe di situ guys...

Parahnya,,
nyampe jogja ternyata udah jam 12 malem,, (tadinya menurut jadwal jam 10 malem aja) dan aku bareng keluarga mas Tunjung diturunkan di Galleria (secara kata mas Tunjung tujuanku yaitu apotik UGM ga jauh dari Galle). Aku nurut aja donk? Udah kubilang aku ga tau jogja,, hehehe...

Abis turun mas Tunjung bilang : “Itu apotik deket banget kok dari sini... jalan kaki atau naik becak aja juga cukup... “

“Oh iya mas... makasih banget lho... duh.. aku ga enak banget malem-malem udah mo direpotin sama aku..” kataku dengan sok manis dan sok melasnya (hehehe)

Kamipun berjalan dari ujung Galle sekitar 5 menit buat nyari becak.. mungkin karena jam udah jam 12 malem, becak semakin jarang ditemukan... sampe ketika keringat mule bikin badan bau sedikit, becak pun berhasil ditemukan...

“Pak.. pak.. apotik UGM pinten, nggih?” (apotik UGM berapa ya?) kata Mas Tunjung. Aku pun ikut ngedengerin aja dengan santai...

“Oh.. apotik UGM pundi nggih?”(Apotik UGM mana ya?) kata tukang becak itu yang tampaknya kegirangan mendapat penumpang baru, sama girangnya sama aku yang udah ngebayangin spring bed nya sapibun buat ngiler malem itu juga..

Karena mas Tunjung taunya tujuanku kosan Wika dan ga ngerti dengan jelas di bagian mananya kosan Wika dari Apotik UGM (secara dia bukan asli jogja), akhirnya dia tanya aku, “Kosnya temanmu deket mana yos dari apotik?”

Aku pun kembali ngejawab dengan santai “Yang itu pak.. deket Mirotta Kampus.. deket Perpus Pusat UGM kalo ga salah.. sebelah Apotik ada gerbang di situ nanti saya turun di situ aja..”

Jreeeeeeng jreeeeeeng........
Seperti ada suara orkestra baru mengiringi akhir kalimatku tadi..

Hehehehe..
Kenapa??
Karena...
Mas Tunjung melongo sama aku, “Loh??? Yang itu?? Wah.. itu sih masih jauh dari sini.....! Kirain yang deket sini.. disini kan ada juga Apotik UGM...”

Aku balik melongo sama mas Tunjung dan istrinya, “Hah...?”

Akhirnya raut kekecewaan timbul di muka tukang becak menyadari perkataan mas Tunjung bahwa aku ga mungkin naik becaknya.. seperti raut yang timbul cukup memprihatinkan di muka ku... Oh no.. badan udah pegel2 nih muter-muter cilacap, sekarang tujuannya ternyata masih jauh.... oh tidakkk,, tidaaakkkkkk.... (*lebay banget seeeh... hehehe)

“Wah mas.. ga jadi becaknya...” kata Mas Tunjung seperti dugaan tukang becak itu, sambil narik kita supaya jalan kaki lagi terus... “Kita cari taksi aja yos.. pasti masih banyak kok taksi..” ucap mas Tunjung dengan pandangan optimis.. sementara dalam pandanganku sejauh beberapa km ke depan dan ke belakang, tidak ada sama sekali tanda-tanda kehidupan taksi.... uh oh...

Ternyata memang susah banget ditemukan taksi selama 10 menit ke depan berjalan kaki,, sekalipun ada, ternyata sudah ada isinya...

Ohh tidak... aku memandangi pasangan suami istri itu yang masih dengan optimis mau nganterin aku... sementara aku udah putus asa, dan rasanya pengen molor di jalan aja dah.... hiks... T_T


Sementara kami akhirnya berjalan ngelewatin pom bensin (kaga ngerti gue namanya apa) dan finally di depan RS Panti Rapih taksi merah muncul dari seberang sono...

Oh yess. Oh yess oh yessss....!!
Hehehehehehe
Fiuhhhhh.....

Finally kita naik Taksi juga.. dan mas Tunjung pun meninggalkan aku tepat 3m dari kosan Wika (gara2 taksi kaga bisa masuk Gang)
Fiuhhhh................
aku sejujurnya ga enak banget sama mas Tunjung dan Istrinya, sebenernya kalo ga ada aku, mereka mungkin seharusnya udah tidur tepat waktu kita lagi mo naik taksi. Makasih banyak mas dan mba... jasamu tak terlupakan deh... ^^


Akhirnya esok harinyaaa...
Aku dengan optimis bersiap untuk berangkat menuju ke Solo, buat ketemu sama mas Fikran, Danus ISMKI yang udah janji mo nemenin aku bertiga sama Wika di Solo. Sebelum berangkat, aku dan sapibun sarapan dulu buat ngisi perut sekitar jam 8 pagi di warung setelah sebelumnya pinjem motor opang selaku cowonya wika (tanpa memberi tau padanya kalo motor dia akan kubawa kabur ke solo waktu itu.. hehehehe kalo ngasih tau, bisa2 kita dibabat habis sebelum bertempur, hehehehe).

Aku udah ngebayangin perjalanan seru penuh petualangan sambil persiapan lirikan mata yang tajemm bangett buat ngintip-ngintip papan penunjuk arah, takut kelewatan euy... bisa-bisa tersesat, mampus juga kan? Hehehe

Sambil ngebayangin perjalanan seru itu juga sambil ngelajuin motor dengan santainya masih di kota jogja, TIBA-TIBA ada sebuah motor di samping motor kami dan sebuah lambaian tangan yang tampaknya bilang supaya kami minggir.

Ah,, siapa sih.. rese’, gangguin perjalanan!” gitu batinku sambil menggerutu dan aku cuek aja sambil terus melaju.

Eehhh... masih melambai aja tuh tangan..??? Wah ga bisa dibiarin nih, ada orang ngegoda-godain di tengah jalan raya... belum tau sih dia sama tatapan mata serem anak Klampok kalo udah ngelirik(*idih...) cobain nih : “hyatttttttt!!”

....

akhirnya aku sempetin ngelirik dia tuh waktu itu...


dan ternyata.................


WuaSyouw....!
Rupanya itu lambaian Polantas, alias Polisi Lalu Lintas!!
Mampus lu kakus makan bus tikus!!

Aku pun segera menepi sambil deg-deg serrrr....,”Salah apa akuuu... salah apa akuuuu....” Si Wika udah ikut panik aja di belakang, “Duh yos,, emang kita ngapain sih? Nabrak lampu merah ya?”

Otakku sejenak berpikir,, perasaan kaga pernah.. kapan nabrak lampu merah?

“Selamat siang mba, boleh saya liat surat-suratnya?” tanya polantas itu.


“Boleh pak.. sebentar...” kataku sambil ngorek-ngorek tas mencari SIM dan STNK trus kukasihin ke dia sambil harap-harap cemas.

“Mm... bisa ke kantor sebentar mba?” ucap polisi itu lagi.

Aduuuhhh....... ada apa nih?? Wah.. tambah deg-degan aja nih.... tapi akhirnya aku ngikutin juga dia sih.. sesampai di kantor, polantas itu akhirnya bilang sama aku, “Yak mba.. mohon maaf tadi .. mba ini melanggar lampu merah ya mba di sini ya...”


“Hah???” gitu respon pertamaku ngedengernya..
Gimana ga kaget?? Aku masih inget banget lho... waktu aku lewat perempatan itu lampu tuh masih kuning dan ada mobil Honda jazz warna biru disebelahku yang kita sama-sama melaju karena tau lampunya masih kuning..

Kira-kira sealinea di atas aku ulang penjelasannya ke polantas itu. Ehhhh ga taunya dia bilang, “Gini ya mba... kita juga bisa ngeliat dari sini kalo lampunya udah merah.. bla.. bla.. bla....bla... nanti kalo bla... bla.. bla...”
Intinya mo bilang : lu salah lu.

Wah... aku tetep keukeuh dooonk.. aku ngerasa aku bener kok...... , “Pak, kalo mo nilang saya tilang juga mobilnya donk, cari dulu mobilnya bawa ke sini. Saya tau persis kok tuh lampu masih kuning!” Yakkk... Berhasil diucapkan dengan cukup yakin dan mantap oleh seorang mahasiswa kedokteran gila bernama Yosi.

Hehehehe..
Tapi tau ga jawaban polisi itu apa??
“Oh.. silakan bicarakan aja di pengadilan mba argumennya...”

Toeeeng,,
Wika ngedengernya langsung panik tuh, “Aduh... Jangan bikin ribut yos.. damai aja.. damai...”


Ngedengerin saran dari sapibun, Cuma satu kata yang timbul di kepala waktu itu :
“Cuihhhhhhhh”
Yang cukup mewakili kata-kata di bawah ini :
Apa?? Damai?? Enak aja.. aku ga salah. Aku tau persis lampunya masih kuning! Merah dari mana?? Dari Hongkong?? Trus kalo beneran merah cuma aku aja yang ditilang gitu?? Mobilnya kaga dikejar.. Kalo aku salah sih ga masalah ditilang.. cuihh... ogah gue damai, ayokkk deh ke pengadilan!”

Dengan mata berkobar dan menyala-nyala menatap traffic light pembawa sial itu.. “Ogah.. orang aku ga salah kok... aku si mau aja ke pengadilan biar terbukti kalo aku ga salah!”


Wika udah semakin panik dibuatnya, “Aduhh... yos.. ni motornya opang yos.. waduh... piye ya? Kasian opang yos... Tolong deh..”

Ohhh.. tidak...
Iya juga ya? Pertama, ini motor pinjeman, aku bertanggung jawab ama barang ini nih.. Kdua, aku sih jelas mau-mau aja ke pengadilan... tapi kan aku bukan warga situ.. bentar lagi balik Purwokerto, gimana mo ke pengadilannya?? Mo ngerepotin Opang??


Duh... dilematis tuh sebenernya waktu itu...
Karena aku harus ngorbanin satu di antara dua :
Idealisme dan keteguhan kebenaran yang kukorbankan demi motor pinjeman supaya ga ngrepotin pemiliknya?
Atau
Pertahanan kebenaran tapi akan membuat Opang akan kerepotan ngurusinnya karena aku harus pulang ke Purwokerto dan ga bisa ikut pengadilan.. ??


Setelah dengan cukup membara mencoba mengambil keputusan, dibarengi muka memelasnya wika yang bikin hati ga tega... (duile..)
Akhirnya aku pilih damai sama polisi itu..
“Ya udah Pak.. damai pak... berapa?”

“Oh disini ga ada kata damai mba.. adanya perwakilan untuk persidangan.. karena bla.. bla.. bla.. bla....” yang intinya ngomong : YUKKK DAMAIII.... (kurang asem dia...! sama aja tuh artinya sebenernya, pake ganti istilah segala... huh..) “Jadi untuk pelanggaran lampu merah dendanya Rp 30rb mba..”

Toeeeeeeng....
Mahal amat...??? perasaan ga segitu deh... aku pernah denger di Purwokerto temenku ngelanggar kayanya 20rb kurang deeh..


“Wah Pak.. 20rb aja yaaa pak? Saya Cuma punya 20rb pak?? 20rb aja ya??” ujarku sambil nyoba pasang tampang memelas tapi di hati semakin panas membara penuh caci maki (gyahahahahahhaa...)

Polantas itu diam sejenak, mungkin berpikir apakah lebih baik dinaikin lagi tilangnya gara-gara ditawar sama bocah ingusan yang ditindasnya ini, lalu dia bilang, “Ya udah deh mba.. Rp 20rb, tapi sekali lagi mohon kerja samanya bla... bla.. bla.... bla....”

......

Aku ngedengerin dia ngomong masuk kuping kanan keluar kuping kiri tanpa berbekas...
Karena di otakku udah tersenyum penuh kemenangan sambil terheran-heran, “Ternyata begini cara orang jaman sekarang buat cari makan.. karena terlalu susahnya sampe rela ngorbanin harga diri profesi demi uang 20rb....”

Seandainya MENURUT dia
Kalo aku salah ya salah aja.... UU bilang Rp 30rb ya 30rb aja...
Ngapain diturun-turunin segala pake ngubah UU di surat tilang ku waktu itu...?
Kalo aku salah harusnya dia juga keukeuh bilang 30rb,
Dengan dia nurunin denda sampe 20rb, pertanda : SEBENARNYA aku sama sekali ga salah dan Cuma dia aja yang cari-cari masalah.....


Hmm...
Akhirnya aku taruh tuh duit di atas surat tilang dan sebelum pergi ninggalin pos, aku lihat sebentar nametag polantas itu... : Damyat..

Huh...
Bukan buat apa-apa sih, Cuma buat diposting di blog ini aja... huehuhehehehe


Akhirnya aku pergi ke Solo dan bertemu mas Fikran bahkan sama Sekjend ISMKI Mas Fatnan Setyo Hariwibowo sama KIK ISMKI Mas Arga, yang aku ga nyangka banget rela nganterin aku muter-muter Solo dengan mendadak ke perusahaan-perusahaan batik (secara mas Fatnan asli Solo, jadi tau medan) ga nyangka aku yang tadinya berangkat dengan bayangan berdua aja sama Sapibun ato ketambahan mas Fikran, ternyata satu pasukan yang ngedatengin perusahaan batik.

Dan kemudian jam 5 sore aku balik ke jogja dengan tulang berasa mau hilang aja dari seluruh badan karena terlalu pegelnya... (hehehe gimana engga? 9 jam aku naik motor full hari itu..  penyebab timbulnya jerawat-jerawat lainnya bejendol)

Semoga perjuangan ini tidak sia-sia...
Taiwan.. I’m coming.....
^^

No comments:

Post a Comment