Sunday, August 7, 2011

Perjuangan seorang ibu dan HIV positif

Jadi dokter itu susah-susah-susah. Ga bisa gampang-gampang-susah ato susah-susah-gampang. Kenapa? Karna sesekali waktu saat kita sudah berusaha melakukan yang terbaik dari kita untuk menyelamatkan nyawa orang lain, dan kita cuma bisa menunggu mengharapkan adanya keajaiban, ketika keajaiban itu ternyata tidak ada, rasanya cuma bisa ngenes sama ngelus dada..

Makanya gw bilang jadi dokter itu susah-susah-susah.


Setelah seminggu ini gw jaga di VK (Kamar Bersalin) gw sudah mulai sedikit demi sedikit ngerti gimana caranya bantuin persalinan normal, dengerin denyut jantung janin, jahit dalem kalo robek setelah melahirkan, induksi persalinan, vakum kalo kepala bayi ga keluar2 *gw cuma asistenin sih :p* and blablabla. Kalo di VK belakang, hal yang paling membahagiakan versi gw adalah waktu gw monitoring denyut jantung janin dan monitoring ibu muda dengan suaminya selalu disebelah istrinya. Ga sedikit gw liat suami muda cuma duduk-duduk di luar VK *bukan di luar kamar loh, di luar VK* Kebanyakan ngerasa ga tega, tapi menurut gw sih bikinnya aja pasti semangat 45, harusnya proses persalinannya juga harus mau semangat 45 nemeninlah, mestinya bukan masalah tega ato ga tega, tapi kasihan+sayang sama istrinya jd mau nemenin di sebelahnya. Gw seneng banget waktu itu liat pasangan muda usia 27an, suaminya sabaaaaar banget nemenin istrinya merintih kesakitan tiap kali kenceng2. Gw yakin dia ga tega, tapi dia bener-bener sampe ngejogrok di sebelah kasur istrinya cuma buat megangin tangan istrinya. Gw jadi terharu.. dan gw jadi ikut semangat 45 ngebantuin melahirkan bayinya sampe selamat hehehe *aura baik seperti ini harus diteruskan :p



Nah ceritanya kemarin itu sebagai koas gw jaga VK (Kamar Bersalin) IGD Rumah Sakit.
Biasanya kalo jaga di VK IGD gw bareng bidan2 magang akan menerima pasien, gw anamnesis dan pemeriksaan fisik, trus gw catet status, minta tandatangan dokter IGD dan pasienpun dikirim ke VK belakang untuk melahirkan atau persiapan operasi kalo memang harus operasi SC. Nah hari kemarin rutinitas beginian ini masih ada, tapi sumpah... situasinya baru sekarang menegangkan..

Bermula dari ada telepon dari RS lain yang mau merujuk pasien habis melahirkan dengan prolaps uteri. Buat yang belum tau, prolaps uteri itu secara garis besar adalah rahim yang keluar lewat vagina. Wew, kedengerannya udah serem and ekstrim banget yah.. (Soal kenapa bisa begitu dan bagaimana2nya itu akan gw bahas lain waktu ato bisa dibaca disini)


Letak Uterus Normal

Prolaps Uteri


Maaf kalo terlalu tabu
Gambar ini diposting untuk sharing ilmu pengetahuan, semoga berkenan
Source picture 1
Source picture 2

Nah, yang lebih ekstrim adalah pasien dikirim dengan kondisi Tekanan Darah 60 per palpasi :-S
Normalnya tekanan darah manusia itu adalah 120 per 80. Artinya kondisi pasien ini sedang dalam syok dan masa kritis! :-O

Memang bener,
begitu ambulance datang, kita udah siapin brangkar (tempat tidur yang bisa didorong) dan saat pasien dipindahkan ke brangkar, darah langsung tumpah di lantai, ada kali 0,5 - 1 literan.

Wah.. langsung deh kami semua gerak cepat periksa dan gw lari-lari ke apotik IGD buat ngambil cairan HES+RL banyak, treeway, spuit 10 cc, dan obat-obatan emergency. Yang lain siapin darah, kassa, sarung tangan, dll, heboh dah pokoknya.

Tim dokter langsung resusitasi segera pasien ini dan reposisi uterusnya. Jadi ternyata pada pasien ini prolaps uterinya udah sampai prolaps uteri grade III, grade yang paling berat karena uterusnya kebalik dan hampir seutuhnya keluar, kita menyebutnya inversio uteri. Nadinya sulit diraba, tensi sulit didenger. Perdarahan masih aktif. Gw bagian yang grojok tuh cairan HES sambil dibolusin RL supaya syok teratasi sambil perdarahan dicoba dihentikan.

Cara Reposisi Inversio Uteri

Akhirnya setelah obat-obatan semua sudah masuk, kesadaran sempat membaik, tensi sempat naik 70 per 40, tangan pelan-pelan mulai hangat, eh tiba-tiba pasien apneu! :-O

Langsung deh kita pijat jantung dan bagging untuk suplai oksigen pasien ini. Setelah beberapa kali usaha kompresi dada dan bagging pasien bisa bernafas spontan namun lemah, pasien ini langsung dikirim ke ICU untuk perawatan intensif.

Gw cuma bisa ngeliatin darah yang tumpah berceceran di lantai, sambil mikir, "Gila, ini ibu baru melahirkan anaknya hari ini, anaknya masih kecil, belum genep 1 hari.. gw bener-bener berharap ibu ini bisa bertahan terus.." Gw udah ikut nyemangatin, gw bilang, "Ayo bu.. bangun bu! ayo pengin liat anaknya nggak? ayo bu.. kasian anaknya bu, bangun bu..!" waktu ibu ini masih bisa merespon dengan menggerakkan mata dan rahangnya.

Sayangnya, sore harinya gw denger ibu ini ga bisa bertahan lebih lagi di ICU...
Gw cuma bisa ngenes.
Bener-bener ya perjuangan seorang ibu..

Makanya kita semua harus hargai para ibu, termasuk cowo harus hargai para istri, karena perjuangannya bener-bener sungguh-sungguh cuma demi melahirkan anak bersama.


Ga kaya kasus selanjutnya yang gw temui setelah itu.
Ada rujukan pasien mau melahirkan dengan letak lintang dan suspek HIV positif.. Kenapa suspek? Karena suaminya udah positif HIV, dan ini adalah anak ketiga mereka *2 anak sebelumnya kalo ga salah sehat*. Padahal ibu ini harus dioperasi SC karena letak bayinya tidak normal yaitu letak lintang.

Usut punya usut ternyata denger-denger suaminya pernah sex bebas sama perempuan yang HIV positif. Wah gila.. ga kebayang apa rasanya jadi istrinya. Udah suaminya begitu, istri yang ga tau apa-apa dapet getahnya..

Terutama kasian anaknya..
Masih kecil, belum tau apa-apa, belum bisa apa-apa,
bisa ada kemungkinan beberapa lama lagi dirinya ikut HIV positif..
Kalo udah gitu gimana coba? Obat untuk menyembuhkan HIV sampai sekarang belum ada tuh.



Gw lagi-lagi ngelus dada.
Jadi dokter itu susah-susah-susah.

No comments:

Post a Comment