Monday, May 21, 2012

Backpacker : Online Ticket


            Haii, it’s me again. The lost traveler who finally had her gut for traveling.
Setelah sebelumnya aku pernah trauma traveling-traveling lagi karna rencana traveling terakhir taun lalu ke Thailand gagal total dan duit hangus gara-gara perubahan jadwal koas, akhirnya aku kembali untuk bercerita tentang perjalananku! Akhirnya gue punya duit dan nyali lagi untuk berpergian. The backpacker is back! The backpacker is finally back!! Yahooooo… *heboh*
            Ini adalah cerita perjalananku backpacker ke Singapore untuk kedua kalinya. Perjalanan pertamaku ke Singapore itu terjadi pada bulan Februari 2009, 3,5 tahun yang lalu (cukup lama juga). Cerita lengkapnya perjalanan pertamaku Malaysia Singapore klik here. I never get bored going to Singapore, not satisfied yet on my first trip.

      Sesuai request beberapa teman dekat, I think I’ll start to write down some few steps to do backpackering, especially to Singapore. At the end of my story, I hope you guys (reader) can do backpackering by our own, just like me by telling you how I do mine.

NUMBER 1 : Buy Your Flight Online Ticket
            Airasia selalu menjadi andalan airlineku. Gak pernah gak, gak pernah yang lain. Thanks to Tony Fernandes  atas mimpinya tentang semua orang yang bisa pergi bepergian ke wilayah-wilayah Asia secara murah, seandainya doi baca tulisan ini, dengan ini aku nyatakan : your majestic dreams are coming true.
             Nah, untuk pergi backpackeran, aku selalu mengandalkan beli tiket promo, gak pernah beli tiket regular karena beda harganya bisa 1,5jutaan lebihhh! Positifnya sih kamu bakal dapet traveling berkelas dengan budget murah. Negatifnya, beli tiket promo Airasia mesti direncanakan dan dibeli dari jauh-jauh hari, jadi seandainya tiba-tiba jadwal lu berubah kayak yang terjadi sama gue taun lalu ke Thailand, tiketnya ga bisa diganti nama atau refundable, alias hangus. Yah lumayan sih setengah jetian melayang.. :| Kalo mau diubah tanggal juga ga mesti dapet promo lagi alias sama kayak beli tiket regular, sayang ga sih?? :-/
             Milikilah passport terlebih dahulu sebelum lu beli tiket online, karena nomor passport menjadi salah satu syarat dalam pembelian tiket online. Satu saran penting kalo mau dapet info-info promo Airasia. Pergilah ke http://airasia.com dan jadilah salah satu member airasia disono biar bisa dapet apdet info promo terbaru yang dikirim melalui email (tentunya lu harus rajin check email). Gue udah dapet info-info kayak gene dari sejak taun 2008 akhir. Trust me, ini sangat menguntungkan.
Beberapa orang sempat bertanya, “Kenapa harus Singapore lagi? Kenapa ga ke tempat-tempat lain, mana kek yang belum pernah dikunjungi??”
            Jawaban simple gue sangatlah simple.
         Pertama, karena Singapore adalah Negara modern yang sangat tertib, disiplin, teratur, dan bersih, engga berasa taste Indonesianya *ceritanya refreshing getooo*
           Kedua, pergi liburan ke Singapore *yang sekali lagi ga taste Indonesia* gak perlu ngurus visa kayak kalo lagi pergi ke Negara bagian China atau lainnya.
        Ketiga, karena waktu aku pesen tiket adanya tiket promo yang terjangkau itu cuma ke Singapore tauuukk!

NUMBER TWO: CREDIT CARD
          Ini adalah masalah beli tiket online tapi lu adalah backpacker kere yang belum / sengaja ga punya credit card karna sadar diri potensial boros nyaris mirip kayak aku. Beli tiket online itu kalo bisa punya modal credit card cuy.. bukannya gimana-gimana ya, supaya lebih mudah aja ntarnya (akan dijelaskan segera). Pesen tiket Airasia juga bisa pake BCA Debit Card.
              Nah gimana kalo lu ga punya tapi mimpi lu begitu besar untuk traveling *mirippp banget sama aku*. Pakelah agen travel dan pedekatelah sama mereka supaya mereka ga ngambil cost terlalu banyak sama lu :P
            Normalnya agen travel akan pasang tarif bervariasi dari 50rb-125rb lebih tinggi dari harga tiket tergantung seberapa berhasil PDKT elu kepada mereka :P Sahabat baikku adalah salah satu pebisnis tiket online jadi aku dapet cost termurah. Salah satu keuntungan pake agen travel antara lain kalo terjadi sesuatu kesalahan pada sistem online itu bukan tanggung jawab elu, terima beres aja dah nunggu tiket dikirim ke email kita. Untuk yang punya credit card jujur aja karena aku ga punya credit card mohon maaf aku ga bisa cerita, tanyakanlah pada orang yang lebih berpengalaman soal gesek menggesek :P

NUMBER THREE: BAGGAGE CHECKED
               Ini adalah soal bagasi, mau seberapa banyak lu bawa tas ke luar negeri dan seberapa berat.
              Berhubung I am a backpacker, pendapat dan rekomendasi pribadi aku soal bagasi ini adalah : GA USAH pesen bagasi, bawa aja ransel segedhe gaban *asal lu kuat* dengan berat maksimal yang diperbolehkan adalah 7kg dan kira-kira bisa dimasukkan ke tempat penyimpanan di atas kursi kita waktu di kabin pesawat. Ada aturan khusus soal panjang lebar tingginya, lupa gue, kalo ga salah 70x30x50 cm. Dengan ga pesen bagasi lu bakal hemat minimal 90rb rupiah dari total harga tiket Pulang Pergi.
Jangan bikin ransel lu keliatannya menggembung banget kayak kodok ato ikan buntel. Tipsnya adalah bawa baju secukupnya dan khusus cewek belilah Ladies disposable panties yang sekali pakai-buang. Praktis dan mengurangi tumpahan hujan daleman waktu ransel dibuka.

NUMBER FOUR: WEB CHECK IN
         Ini adalah fitur AirAsia yang memudahkan kita supaya ga terlalu lama ngantri di airport waktu hari keberangkatan. Lewat web check in ini kita bisa dapet langsung boarding pass siap print dan sekaligus udah tau nomor kursi kita, bisa ganti kursi dengan tarif Rp 12.000,- *kalo ga salah* Caranya mudah pergi aja ke web Airasia dan isi secara lengkap data web check in sampe ke step file pdf. Boleh langsung diprint atau disimpan dalam bentuk pdf untuk diprint lain waktu.
          Ohya, tadinya aku pikir web check in means, kita ga perlu ngantri lagi di airport, tapi ternyata aku salah. Setelah dapet boarding pass kita tetep perlu ngantri untuk menunjukkan boarding pass untuk dicap dan passport kita, juga bagasi *kalo ada* ato ransel kita untuk diberikan penanda. Setelah menuju counter Airasia, barulah kita langsung pergi bayar airport tax sejumlah Rp 100.000,- (internasional – beberapa airport katanya ada yang 150.000 perak) dan tunggulah di waiting room untuk take off. By : Josephine

 Contoh boarding pass yag udah di cap

Narsis dulu di pesawat :p


Ini adalah tarif tiket PPku Yogyakarta Singapore 15-19 Mei 2012

7 comments:

  1. Nice share.... Suatu saat perlu dicoba nich. pakai paypal kaga bisa yah?

    ReplyDelete
  2. huwaaaa cepet banget langsung dikomen, jadi malu >.<
    pake paypal ya, aslinya kurang tauuuuuu hahahahahaha >,<
    cuma barusan googling katanya di web airasianya sih gini oh :
    "Full payment by credit card is required to make a booking. Credit cards accepted are Visa, Master Cards. AMEX is currently supported in only the following currencies - Thai Baht (THB), Singapore Dollar (SGD), United States Dollar (USD), Australian Dollar (AUD) and Hong Kong Dollar (HKD) only."

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. Aku dari dulu nyari tiket promo airasia ga pernah dapet, padahal udah register member jg...
    Nambahin, klo bisa bawa tempat minum juga biar lebih ngirit :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga pernah dapet?? ckckckck ilmunya kurang berarti

      Delete
  5. berarti emang kaga bisa pake paypal :) krn pemikiran logisnya kalo punya paypal pasti punya credit card. Kalo punya credit card, ngapain juga pake paypal. wkwkwkwk kecuali paypal yg "nembak" hahahaha... kan backpacker jd mikir kalo ga pny credit card ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahahaha iya ya oh, aku ga punya credit card, ga punya paypal , jadi jalur kreatif aja deehh ;p

      Delete