Sunday, November 23, 2008

Sejarah ohh.. Sejarah..

Okay…
Hari ini gue belajar sejarah.......

Tapi bukan sejarah evolusi makhluk hidup dari jaman ganggang sampe jaman Pitecanthropus erectus atau Homo sapiens nenek moyang kita itu ya..
(*sial ni foto.. mendiskreditkan wanita sekali... huh...)

Bukan juga sejarah tentang 100 tahun kebangkitan nasional yang dicanengin Logo : Indonesia Bisa! itu ma Mr. SBY...
Ini lebih ke arah belajar sejarah keluarga gue
gara-gara pertanyaan seorang teman yang nanya dan gue ga bisa jawab... ,
“Kok Chinese punya gelar jawa...?”

Toeeenggg.....
Aku cuma bisa terhenyak ngedenger pertanyaan itu dan ga ngerti mo jawab apa karena ternyata aku emang bener-bener ga ngerti, sodara-sodara!

Setelah dipikir-pikir aku emang ga pernah tertarik dengan cerita sejarah keluargaku dan bagaimana silsilah-silsilahnya yang gue ga ngerti banget gimana urut-urutannya... Pake acara trah-trahan segala dan garis-garis yang bener-bener bikin pusing waktu dulu aku pertama kali ngedengernya...

Tapi.. hari ini,
gara-gara pertanyaan salah satu temen chatku yang tiba-tiba tanya etnis dan keratonan sehingga aku mengungkap jati diriku dengan bloon,
FINALLY.... today the secret is REVEALED!!!

Hahaha....
cerita ini ga penting buat kalian pembaca..
Tapi.. berhubung cerita ini cerita hidupku... aku ga mau cerita hidup silsilah keluargaku nantinya akan hilang dalam tumpukan kertas dan dimakan kutu busuk ato hilang dalam memory orang-orang sesepuh jaman dulu yang belum sempet disalurkan kepada keturunan-keturunannya :p

So hari ini gue tanya banyak hal pada salah satu sumber terpercaya, yaitu Papaku sendiri, dan juga dari buku sejarah tentang cerita hidup dan silsilah keluarga gue untuk diteruskan pada keturunanku kelak..
:D

Okeh...
Secara silsilah aku gambarkan seperti ini,

Dimulai dari R. Sutawijaya yang mendirikan kerajaan Mataram yang sekarang menjadi Jogjakarta itu.. ampe tiba-tiba dengan ujug-ujug nyampe ke aku..

(Silsilah Martadiwangsa, klik untuk memperbesar :D)

Nahh.. bingung kan? Kok bisa tiba-tiba dari R. Jakasaputra punya nama juga The Tjong Shin?? (baca Te Cong Sin,, bukan Te Poci , sodara-sodara!)


Jadi ceritanya dulu itu ada orang asli Tiongkok yang datang ke tanah pribumi kita, khususnya wilayah Banyumas – Wirasaba, untuk berdagang yang bernama The Sam Kang. R. Mas Martadiwangsa selaku istilahnya panglima perang Wirasaba jaman dulu itu ternyata bersahabat baik sama The Sam Kang ini. Nah, The Sam Kang waktu itu ga punya anak apa ya? Lupa gue.. intinya The Sam Kang berniat mengurus salah satu anak R.M Martadiwangsa, dibawa pulang ke Tiongkok dan diaku anak di sana. Dan R.M Martadiwangsa pun menunjuk R. Jakasaputra untuk dibawa oleh The Sam Kang. Itulah mengapa dia punya nama The Tjong Shin juga... hehehehe

Nah trus? Udah dibawa ke Tiongkok trus gimana??

Setelah cukup lama di didik di sana, R. Jakasaputra kembali ke tanah pribumi yang tentu saja diterima oleh R.M Martadiwangsa sebagai anak kandungnya. Hanya kali ini R. Jakasaputra kembali dengan status sebagai pedagang dan tidak terlibat lagi di pemerintahan. Nama Chinese yang dia punya pun diteruskan pada keturunannya sampai kebijaksanaan dwikewarganeraan jaman pemerintahan Soekarno dihapuskan (makanya gue ga punya nama Chinese lagi.. hehe :p)

Lha trus?
Gue Jawa bener-bener Jawa donk harusnya?
Trus muka gue yang agak ke Chinese-an ini dapet dari mana??


Nah, bentar dulu...
Kalo itu tadi silsilah dari Kakekku, ternyata silsilah dari nenekku ada juga lho, yang ternyata.... sumbernya sama yaitu bersumber dari R. Sutawijaya



(Silsilah Kolopaking)

Nah, yang dibunder-bunderin biru itulah yang Tiongkok asli dan mewariskan gen Chinese ke muka gue ini.. Hehehehe :p (Bahkan sebelum bunderan itu kudengar Ki Kertowongso Sulaiman itu sendiri beristrikan anak jenderal China Tan Wan Swee yang dibuang oleh Kaisar Kien Long ke Nusantara pada jaman Dinasti Cing - Manchuria karena kudeta tak berdarah di negeri China.)

Jadi....
Sebenernya pernikahan antara Kakek dan Nenek ku pernikahan bersaudara donk??



Tapi jauh banget kali yah?
Kalo lengkapnya silsilah itu kira-kira kek gini... :


(Silsilah lengkap)


Pusing ga sih??
Aku aja pusing ngurutinnya!


Nah trus? Udah tau gini mo gimana yos??

Hmm.. gue juga ga ngerti mau diapain dan mau dibagaimanakan hehehe :D

Mungkin bener penuturan salah seorang teman saya,
“Itu untuk pengakuan kamu aja yos...”


Yahh.. namanya budaya sendiri, untuk selalu dipelihara dan jangan sampai hilang udah jadi kewajiban aku (jadi jangan suka ngomong gue – lo lagi yos.. tapi sekarang ngomonglah ni hao wo jiao cian cai tze...!!) :D

Maka disinilah aku berusaha memelihara pengetahuan ini dengan baik untuk diteruskan kepada keturunanku besok (entah siapa.. hiks... Bapaknya aja belum ada... T.T )

Saya jelassss bukan orang hebat!

Tidak berpangkat..
apalagi punya silat..
tapi jangan lupakan budaya yang dipegang sehingga kita ga lupa asal-usul kita aja..
ato lebih tepatnya biar saya ga lupa asal-usul saya
:D

***

Kesimpulannya,
setelah sekian jam gue dengerin Papa nyeramahin ampe kuping pegel dan baca buku Sejarah Silsilah Wirasaba Banyumas ampe mata nyaris berbintit, tetep aja aku ga bisa leluasa jalan-jalan ke keraton jogja dan manggil Sri Sultan Hamengku Buwono X dengan sebutan “Om” seenaknya....

Hahahahaha
:D

Sumber :
- R. Tirto Wenang Kolopaking. 2005. Sejarah Silsilah Wirasaba Banyumas – Ki Ageng Mangir Kolopaking Arung Binang. Jakarta : Trah Kolopaking
- Layang Kakancingan R. Hardjasaputra dalam bahasa Kawi (lebih tinggi dari Krama Inggil)
- Penuturan R. Herry Purwanto

14 comments:

  1. halo Yos, ketemu blog mu wkt iseng ketik kolopaking..., mungkin Yos ada info blog or fb dr trah kolojengking, eh... Kolopaking yg lainnya. ngomong2 aku cucu dr Go Tiang Nio adik Go Bit Nio

    ReplyDelete
  2. eiiit lupa, blog ku icarusyap.blogspot.com

    ReplyDelete
  3. hallo...
    aku jg trah kolopaking ke IV :)

    salam kenal ..

    ReplyDelete
  4. Kalo memang panjenengan ini adalah keturunan ningrat, saran saya lebih baik panjenengan mengurus "Serat Kakancingan" (Layang Kakancingan), yaitu surat dari kraton yang menerangkan silsilah keluarga kraton dan disertai gelar2 ningratnya. Karena dengan surat ini anda akan mendapatkan privillege dan perlindungan langsung dari kraton karena keturunan bangsawan. Saya juga ingin mengurus surat ini (milik saya) ke Tepas Darah Dalem di Yogyakarta (Suatu institusi kraton Yogyakarta Hadiningrat yang mendata silsilah raja2 mataram, pajang, demak, dll), agar tidak terputus di satu generasi saja. Biaya ngurus murah kok, cuma 25rb+6000(materai). Matur nuwun.

    ReplyDelete
  5. Sampeyan Dalem Ingkang SinuwunSeptember 18, 2010 at 1:44 PM

    Tanyakan saja dengan pendahulu2 anda, kakek, buyut, canggah anda sebelumnya, jika mereka memiliki, anda dapat meminjam pada mereka untuk selanjutnya anda bawa ke Tepas Darah Dalem Jogja, dan organisasi tersebut akan membuatkan surat yang sama khusus untuk anda yang menerangkan anda keturunan ningrat yg mana, raja ke berapa, keturunan keberapa, dll. Matur nuwun

    ReplyDelete
  6. Wah wah waahhh, maap sekali baru sempet buka dan baca komen2nya! >,<

    Iya, mungkin ntar kalo sempet saya juga kepikiran untuk buat Serat Kekancingan, trimakasih banyak untuk saran2 dan komen2nya :)

    ReplyDelete
  7. ohiya, salam kenal yah semuanya :)

    @yudo:
    aku jujur ga terlalu apdet soal info2nya >.< hehehe Tante ku yang sering apdet, tapi karna ak masih anak muda masih blum tertarik hal2 gini kali yaaaa ^_^

    @anonymous:
    iyaaa terima kasih sekali sarannya, salam kenal... ^_^

    ReplyDelete
  8. Salam Kenal Salam Sejahtera Untuk Kita Semua ...

    Saya Boleh MInta Tolong Kepada Siapapun Yang Mengetahui Silsilah Arumbinang Dan Kolopaking Saya Harapkan Sudilah Kiranya Dapat Berbagi Dengan Saya.
    Terima Kasih

    ReplyDelete
  9. kalau membaca cerita ini jadi ingat juga cerita orang tua...kalau dari Mbah Manguntaruno (Karang Anyar - Banyu Roto pada jaman perjuangan berjuang sampai ke jawa barat) turun ke mbah Rejo Prawiro (Karang Anyar - Banyu Roto) masih dari keturunan Arumbinang ini benar atau tidak ya (dalam hati bertanya)????

    ReplyDelete
  10. @Raden Nganten Sri Sumarsih:
    Terima kasih untuk kunjungannya, saya jadi malu, ternyata banyak yg berkunjung ke blog saya. Mohon maaf untuk segala kekurangan dalam blog ini :D
    Untuk Trah kolopaking saya memang hanya ngambil poin2nya dari buku R. Tirto Wenang Kolopaking. 2005. Sejarah Silsilah Wirasaba Banyumas – Ki Ageng Mangir Kolopaking Arung Binang. Jakarta : Trah Kolopaking. Monggo siapa tau ada info lain di buku tersebut :)

    @boedy:
    semoga ada yang tau jawabannya...
    Terima kasih untuk kunjungannya :D

    ReplyDelete
  11. Saya harapkan, trah Kolopaking bisa disosialisasikan agar yang tidak sempat mengakses atau mencatatkan diri bisa tahu posisinya di mana. Seperti keluarga sayapun katanya tercatat dalam silsilah tapi baru sampai ke tingkat nenek.

    Untuk Oom Wenang saya kehilangan no HP Anda.

    ReplyDelete
  12. katanya, saya juga dari keturunan arumbinang kebumen...tapi kalo ditanya silsilah..heheheh, ga mudeng.

    ReplyDelete
  13. Salam kenal, saya cucunya The tjien hien/the pek djien (adik kandung dari ko po hik (the hik nio)/

    keluarga " the "berasal dari klampok

    kalo betul anda berarti buyutnya dari the hik nio. Berarti anda keponakan saya.

    senang bisa lihat blog ini ternyata seluruh dunia adalah saudara. Sukses Tuhan memberkati.

    ReplyDelete
  14. Halo mbak. Maaf kalo sy salah.
    Sy liat dari silsilah yg mbak lampirkan, mbak anak dari Herry Purwanto dan cucu dari Go Kim Eng. Apa ayah mbak biasa dipanggil juga Yayong, ada paman mbak yg bernama Lim Biang Li (Lili), Lim Bian Yan (yayan), Bibi lim Siu Kim? Dan kakak nenek mbak ada yg bernama Go Kim Suan. Go Ge Siong, Go Ge Tiong?
    Kalo benar maka kita bersaudara. Kalo bukan, sy minta maaf salah. Hhehe

    ReplyDelete