Thursday, November 27, 2008

"SOULMATE..." (and now I have the answer... - edited version - )


"SOULMATE..."

Satu kata ini benar-benar menarik perhatianku dari sekian ucapan dan curhatan Agha mahasiswi 2008 kepadaku, “mami”nya ini (katanya dia nganggep gue maminya bo’... wkwkwkwkwkw.. belum tau dia kalo gue ini sebenernya sangat keBAPAKan sekaleeeee! Wkwkwkwkwkw)


Kata yang sebelumnya sebenernya pernah kudengar dari orang lain ini beberapa waktu lalu sebelum sore itu, tapi entah kenapa tanpa kusadari kata itu tiba-tiba baru menjadi satu kata penting yang luar biasa dalam hidupku kemarin..

...

Oh ya?

Iya...

Bahwa ternyata..
Ternyata itu jawabannya..
Mengapa aku bisa begini...
dan mengapa aku bisa begitu...

wow... aku sendiri takjub aku bisa aneh banget gitu..
hehehee

Sebelum ke situ,
aku mau cerita dulu nih tentang apa itu soulmate..
Aku memberanikan diri bertanya kepada beberapa orang tentang apa dan bagaimana soulmate itu menurut cara pandang mereka masing-masing...

Mau tau jawabannya???
:D
Well.. begini nih kata mereka.... :

“Soulmate..?
Hmmm
masih bingung juga sih,
banyak konsep.
Tapi menurutku
soulmate itu..
orang yang bisa berbagi
dan tau apa yang dibutuhin soulmatenya
even without saying a word.....”

Begitu pendapat salah seorang teman saya yang telah menemani saya dalam dunia perchattingan selama ini (dengan sedikit editan karena bahasa dia tuh aslinya dingin banget... brrrr....

hihihihhii... Trima Kasih Ubrut-ubrut... :D)

Adalagi yang konyol abis begitu aku tanyain, “Menurutmu, Soulmate itu apa?”
Dan dia dengan tanpa merasa bersalah menjawab,
“Soulmate yos???
Soulmate ya... ??
Hmm...
Yaaa...
Soulmate ituuuu....
Ya belahan jiwa lah yos....! hehehhehe”

(Gedubrag!!!!

“Ya iyalah... itu mah gue juga taoooo!” dalem ati mengumpat sama Bendot, teman chattingku yang lain tapi sama uniknya dengan yang pertama ini.. hehehe dasar.. tapi Thank’s, Ndot! :D)

Pertanyaan keduaku adalah, “Siapa sih yang bisa jadi soulmatenya seseorang?? Dan wajar ga ada ketergantungan antar soulmate menurut kalian?”

Ubrut-ubrut dengan jujur menjawab,
“Dunno, I haven’t found one.
Maybe husband,
wife,
bestfriends,
I dunno...
Mungkin iya,
Soalnya kalo kita udah menemukan dan hilang,
Kita jadi kehilangan arah...”

Salah seorang kenalan saya yang lainnya lagi, yang saat ini sedang bekerja di Jepang bagian industri pembuatan suku cadang mobil dan kendaraan bermotor dengan cukup arif berkata...
“Soulmate kan ga harus pacar bu,
Siapapun bisa jadi soulmate mu..
Karena soulmate itu kan seperti kepingan jiwamu yang tinggal di dalam orang lain...
Dan orang lain itu bisa siapa saja..
Suami, istri, sahabat.. bahkan orang yang tadinya ga kamu kenal sama sekali atau siapapun yang ga disangka-sangka ternyata mereka adalah soulmatemu,
itu bisa aja kan???”

Iya ya,
Gue ngangguk-angguk...
setuju banget...
Bener.. bener...
bener kata dia...

Dan dia lanjut lagi,
“Dan Soulmate itu bagian yang sangat penting dalam hidupmu.
Wajar kalo soulmate jadi tergantung satu sama lain.
Karena begitu kamu kehilangan dia,
Itu sama dengan kamu kehilangan kepingan jiwamu yang berharga..
Yang tersisa jadi ga utuh lagi kan???
Nah.. Kalo itu terjadi..
Kamu akan lebih dekat dengan kematian...”


Hmm... agak aneh..
Tapi.... iya juga ya??
Kalo kita kehilangan soulmate kita,
Kita bakal kehilangan arah seperti yang ubrut-ubrut bilang tadi,
Dengan gitu, bakal lebih suram hidup kita donk...?
Karena kita ngerasa hidup kita udah ga utuh lagi..
Mungkin itu maksudnya kematian kali ya?? Bener juga..
Bener... bener...

Tapi dia lanjut lagi...
“Jadi kalo kita ga mau mati,
Koyakkan lah jiwamu menjadi 7 bagian supaya soulmatemu banyak...
Jadi kalo 1 kepingan jiwa hancur kamu ga bakal mudah mati lho...”



WHAT????
Ini mule ga masuk akal....
Apaan sih mengoyakkan 7 bagian jiwa dan kalo 1 hancur ga mudah mati..?


“Maksudnya mas???” tanyaku dengan dahi mengernyit...

“Iya...
Jadi kaya Voldemort ngebuat 7 Horcrux itu lho.....”
(Dan aku langsung lebih “gedubrag!!!!!!”lagi waktu denger jawaban ini... hehehe. Tapi dia kemudian melanjutkan...)
“Horcrux itu kan ibarat soulmate-nya Voldemort tuh. Horcrux bisa terbuat dari apa saja, benda-benda yang tidak kamu duga sebelumnya (meskipun khusus untuk Voldemort kamu bisa mengira-ira pada akhirnya – dia nambahin) Tapi intinya sama kan Horcrux bisa terbuat dari apa saja? Dan Voldemort sangat tergantung dengan mereka supaya ia tidak mati. Ia akan sangat merasa kehilangan kalo salah satu Horcruxnya hancur.. Coba baca lagi waktu dia merasa amarah dan ketakutan yang luar biasa setiap Harry berhasil ngehancurin 1 per satu. Karena itu berarti jiwanya yang semula utuh sekarang tidak lengkap lagi.. Maka saranku yang paling bagus kalo kamu tidak ingin dekat dengan kematian alias menghindari kematian, punya aja 7 Horcrux kaya Voldemort, jadi jiwamu ga akan mudah mati...”



Dan gue Cuma bisa ngelus dada ngedenger jawaban panjang lebar itu..
Ternyata gue nanya ama penggemar Harry Potter...
Ya panteslah jawabannya aneh gitu! uh-oh...

Hehehehe...



Afterall,
aku setuju dengan semua perkataan mereka... meskipun beberapa dilontarkan dengan nyleneh... tapi sebenernya yang mereka katakan tidak ada yang salah menurutku..
Dan aku setuju dengan pendapat mereka semua..

Bahwa Soulmate itu bisa siapa saja,
Dan begitu kamu merasa kehilangan, sisa jiwamu menjadi tidak utuh lagi.
Kamu kehilangan arah...
Dan lebih dekat dengan “kematian...”
Itulah mengapa ada ketergantungan dan ikatan tidak terlihat yang bisa ada dalam dunia Soulmate ini.

(Sialnya Bendot dengan tanpa merasa bersalah smsin gue tanya meskipun becandaan :
“Kamu udah jadi lesbi ya? Hahahahaha....”

Dan responku langsung ... :
KURANG AJAR!!! BECANDA karena pernah baca ceritaku boleh deeh, tapi jangan yang sensitip donk. GUA itu NORMAL!!!!!! Lupa ya??? Dulu kita deket gara-gara aku kelimpungan curhat tentang cowo waktu aku lagi badai ma dia??? kamu kan yang paling tau jatuh-jatuhnya gue gara-gara cowo dan betapa seperjuangannya kita..!! PERLU GUE KAWIN DI DEPAN LU SEKARANG JUGA APA??? --- sambil ngebayangin parang, golok, silat, dll buat dia..

Untungnya kalimat selanjutnya membuatku memaafkan becandaannya dia itu sehingga segala pikiran2 busuk tadi terhempas deh,, ehehehe.. itu karena dia bilang,
”Ya wajar donk tergantung... Kan itu ibarat hati yang dibagi 2, kalo salah satu ga ada, tinggal setengah donk..?”

Hihihii.. tumben dia bisa ngomong serius gitu...
I appreciate it! :D )


....


Dan aku tiba-tiba jadi teringat lagi begitu Agha menunjuk pada seseorang ketika ia pamit pulang dan Agha nyeletuk yang aku yakin dia ga tau celetukan itu ngebuat otakku tiba-tiba berputar kenceng.. banyak lampu kemerlipan di kepalaku sampe aku ga tau mesti mulai mematikan dari lampu yang mana dulu,
dia nanya dengan polos...,
“Itu soulmatenya ya mba?”

Aku sempet yang.., “Apa?? Yang tadi barusan pulang?? Soulmate...?”

Agha yang bengong liat mukaku seolah aku baru pertama kali pernah denger kata Soulmate (padahal beberapa hari sebelumnya udah pernah denger dari orang lain meskipun jelas waktu itu lagi ngomongin orang lain lagi dan bukan langsung straight to the problem kepadaku), dia mengangguk ganjil, “Iya... yang barusan pulang..”


Dan aku langsung melotot riang gembirang (hahahaha apa ada kata gembirang?? )
Hendak mengatakan kepada seseorang bahwa ternyata itu jawabannya..
Kenapa aku jadi sempet manja banget karena begitu tergantungnya yang sebelumnya gue manja gitu bisa diitung pake jari tangan yang dibuntungin sebelahnya trus dibuang ke suatu tempat yang tak bisa ditemukan lagi sebenernya...
(dengan kata lain langka bangettt kalo gue bisa sampe manja.. dan begitu manja menjijikkan ternyata.. T.T

hehehe)

Bahwa ternyata dia itu memang soulmateku..
(Tanpa peduli aku pernah berkata seperberapa bagian dalam hidupku... Tampaknya kata soulmate jauh lebih tepat dibandingkan setengah atau Cuma seperempat....?
Seperempat...???
Seperempat, bayangin!!!)

Dan ternyata aku memang seperti dihantui kekhawatiran..
Ketakutan..
Gelisah..
Karena aku sebenernya sedang membagi sesuatu yang sangat berharga bagiku kepada orang lain TANPA aku sadari..

Dan itu juga kenapa di bawah alam sadarku seperti ada
defense mechanicsm,
Seperti orang yang berusaha melindungi dirinya sendiri dengan cara-cara yang tidak akan dimengerti oleh orang lain selain dirinya (bahkan seringkali dirinya sendiri ga ngerti apa yang sedang dia lakukan)
bahkan orang lain akan menganggap aku menjadi tidak masuk akal,
terlalu banyak pikiran yang seharusnya tidak perlu dipikirkan,
terlalu banyak hal yang seharusnya tidak dipermasalahkan..
jadi sensitif...
banyak hal yang sebelumnya tidak krusial sekarang menjadi sangat prinsipil..

mereka tidak akan bisa mengerti...
bahwa aku telah berubah menjadi seseorang yang khawatir dan penakut guys.....

dan seperti membutuhkan suatu kepastian yang berkata ..
"Jangan khawatir yos.. Kamu berbagi dengan orang yang tepat kok... Kamu tidak perlu khawatir dan takut, karena aku akan menjaga hal yang berharga itu dari kamu...
I will keep it safely.."



Tapi
karena BODOHNYA aku tidak mengerti semua hal-hal itu kemarin,
dampak yang terlihat adalah...

Aku jadi sering uring-uringan belakangan ini..
Sempet manja banget..
Sempet juga permasalahin hal yang menjadi prinsipil buatku karena berdasar dari ketakutan dan kekhawatiran yang tidak kusadari belakangan ini..

aku ngerti sekarang...
kenapa aku kemarin begini dan begitu...
Aku ngerti sekarang....!!!





...



Sayangnya... di saat aku sudah ngerti seperti ini,
rupa-rupanya kata dan perasaan itu memang tidak pernah tersampaikan.
Dan mungkin juga ga akan aku sampaikan secara khusus lagi padanya...

Aku seharusnya tau...

cepat atau lambat pasti ini akan terjadi...

dan aku harus siap dengan itu...

Although I said that I was happy,
but deep inside I was bleeding....


And they will never understand....




....


...






Aku kirim sms semalam pukul 23.23 WIB ketika iseng tanpa arah kutanyakan ini padanya (Agha),
“De’.., maaf ganggu.
Mau tanya,
Pernah ngerasa kehilangan soulmate cewe?”

Dia yang jelasss ga kenal banget gue ini, juga ga tau apa-apa tentang gue, menjawab dengan cukup bijak,
“Pernah mba.. tiap inget dia bikin rada-rada gila.
Ada yang hilang jelas..
Tiap dia muncul dan pergi lagi masih ga rela hwehehehe..
Aku ga gitu pengalaman, hehe dipikir2 juga ga akan kembali.
Beda segalanya.
Kenapa mba? Lagi inget masa lalu??”

Aku menjawab,
“Mau tau aja km. Ehehehe.. “

Aku diam,
Lalu
Aku tanya lagi,
“Tapi pernah ga ngerasa nemuin soulmate,
Ngambil seperempat hidupmu,
tapi langsung kehilangan dia bahkan sebelum kamu ngomong dia soulmatemu,
itu semua dalam waktu kurang dari seperempat hari?”


Dan aku langsung sms lagi setelah itu...
“Ga usah jawab apa-apa de’..
Makasih banyak jawabannya yaaa?
Gbu ^^ “

....


***


Apa memang harus begini takdir orang-orang gila seperti saya..?


Seandainya sihir itu nyata...

Aku bakal rela dan pasti mau jadi Voldemort yang memecah jiwanya dalam 7 horcrux
supaya aku tidak terlalu takut dan khawatir ketika satu bagian hidupku hilang...

aku masih tetap merasa aman...
I will be okay...

meski dengan satu bagian saja aku sudah begitu ketakutan dan gelisah..


dan meski mungkin memang benar kata J.K Rowling...


"bahkan itu lebih buruk dari kematian itu sendiri...."











- The End -




"But you're so busy changing the world
Just one smile can change all of mine
We share the same soul.."

- Jack Johnson -


Christina Aguilera - Reflection Mp3 Codes

5 comments:

  1. kalo yang ini sih curhat ya? bukan kopas nih :)

    ReplyDelete
  2. I'm lucky I'm in love with my best friend ...

    I'm lucky I have been where I have been ...

    Lucky to be coming home again ............

    betewe soulmate ya nek??? hmmmm ... soulmate thu kan jodoh ya??? yang ntar kawin ma lu! ya kaga???

    cari orang buat dikawinin aja yuk nek!!!

    ReplyDelete
  3. @ nyoman :
    yep.. :D kali2 curhat boleh donk? :D

    @ nyez :
    kalo gua udah nemu skarang gua ga mw buang2 waktu langsung kawin deh nez..!

    sumpah.....
    T.T

    ReplyDelete
  4. oh silakan blog milik anda silakan posting sesuka hati :P

    ReplyDelete