Wednesday, May 4, 2011

Interesting Stories

Aku baru nyadar kalo aku punya beberapa follower di blog ini. Aku tau si kalo blog itu ada followernya, karna blogku yang lain juga punya beberapa follower yang....., ok, ga penting untuk diceritain disini :p

Nah, maksudku barusan tadi adalah, aku baru nyadar kalo follower di blog ini ternyata bukan cuma temen/sahabatku, bukan cuma orang yang aku kenal, ato orang yang pernah ngobrol denganku, ato yang pernah aku pamerin alamat blogku, en blablabla. I mean they are COMPLETELY stranger of which I dont even know anything about them, about their blog and yes! Blogku beberapa waktu belakangan ini isinya cuma curhat-curhat doank yang ga penting yang aku rasa bukan itu alasan mereka follow blog ini :p

So, untuk meningkatkan kualitas isi blog ini yang telah menurun belakangan, I want to say "Hi" to my followers *sok penting ceritanya :p* and... I have some interesting stories to tell you about today.. :-> *smug face* Ini cerita masih berhubungan sama cerita koas Bedah :p

Cerita pertama
Semalem aku jaga lagi dari jam 10 malem sampe pagi setelah terakhir aku jaga aku dapet Laparotomy pertama dan jadi As-On untuk pertama kalinya. Belom dateng aja, yang shift jaga siang udah ngasih kabar kalo bakal ada operasi 1 Craniotomy dan 1 Colonostomy yang sudah menunggu, dan denger-denger bakal ada rujukan pos kecelakaan bis di daerah Rawalo yang katanya berkisar 13 orang yang bakal dikirim! :-O

Aku udah prepare untuk tidur siang sekitar 2 jam-an, dan berencana tidur sebentar sebelum berangkat jaga. Tapi denger kabar gitu bukannya malah bisa tidur aku malah jadi nonton Grey Anatomy dah sampe berangkat jaga :p

Aku pun berangkat dengan sedikit setengah hati karna aku tau tidurku bakal ga berkualitas malem ini, bahkan mungkin aku terancam ga bakal tidur sama sekali. Padahal aku minggu ini lagi stase di Instalasi Bedah Sentral (IBS) yang artinya besok pagi aku harus follow up dan ngikutin semua operasi Bedah Umum yang terjadwal satu persatu sampe selesai di kamar operasi *baca: berdiri berjam-jam -_-"

But it's allright, I'm going to be a doctor, and I have to save people *someday :p* so let's FIGHT! "\(^.^)/" Akhirnya aku pun milih ikut jadi Asisten Operasi (As-Op) colonostomy sementara para cowok ikut craniostomy yang biasanya makan waktu lebih lama karna buka-buka otak. Tn. M usia 40an dengan Ileus Obstruktif et causa Ca Rectum (Kanker Rectum). Intinya gejalanya ada gangguan BAB (belum BAB 10 hari), BAB berdarah, perut makin membesar, metallic soundnya ga terlalu kedengeran si, tapi Borborygm nya kedengeran banget.

Don't ask me about colonostomy thingy,
It's not the thing that is most interesting today. Intinya gw ngebantu Residen Bedah bikin lobang buatan di perut buat ngeluarin feses alias tinja yang udah ngetem 10 hari di perut sampe warnanya ijo, dan walopun aku pake sarung tangan, jangan tanyakan seberapa sering aku menyentuh mereka yang nyembur-nyembur keluar, oke?? :D

Lanjut :p

Operasi baru selesai jam tengah tiga pagi, ternyata rujukannya ga jadi dateng, dan gw masih seger buger ga ngantuk sama sekali setelah operasi. Sempet ngantin, sempet minum en ngobrol, sempet gedebak gedebuk di matras lantai, tapi tetep aja mata ga ngantuk-ngantuk sampe jam tengah 4, baru deh jam segitu aku ngerasain semua anggota badanku tiba-tiba nyerah ama bumi dan pengen hilang pasrah ditelan entah kemana.

Conclusion :
Aku baru ngerti kalo tidur berkualitas itu bukan soal berapa lama kamu tidur, tapi tentang seberapa nyenyak kamu tidur sampe kamu ga denger suara ngorokmu sendiri :p

Cerita kedua
Pagi-pagi jam setengah 6 aku dibangunin, udah jelas, aku ngantuke pol. Jam 7 aku udah ada di Bangsal Kenanga lagi, fresh, wangi, keramas, dan udah siap follow up pasien. Aku dapet pasien Tn. S, usia 79 tahun, dengan diagnosis Hernia Scrotalis Dextra (artinya ada benjolan di kantung kanan kemaluan pasien karena dinding perutnya rapuh jadi usus keluar dan masuk ke scrotum). Wajar si kalo usia segitu ada hernia, salah satu dari Trias Geriatri. Papaku juga kemarin abis operasi hernia.

Sebagai Koas, udah jelas kami harus periksa fisik pasien sebelum operasi dan kami harus tau, liat, dan kenal di mana kelainan/penyakitnya. But the problem is... ini SCROTUM gitu loh.. Ethical problem. Gara-gara seniorku ada Edi sebagai satu-satunya cowok di kelompok kecilku, sebelumnya biasanya kalo berhubungan sama kemaluan laki-laki, selalu Edi yang aku mintain tolong priksa sebentar sementara aku periksa yang lainnya, tapi kali ini Edi harus follow up di bangsal lain dan ga ada cowok lain. Jadi mau ga mau : I have to do it.

Aku, "Benjolannya sudah berapa lama pak? Sakit apa enggak?"

Pasien, "Ini benjolannya udah setaun. Kadang keluar kadang masuk lagi ke dalem. Ga sakit, tapi ga nyaman, jadi besar sebelah" Begitu kata pasien dalam bahasa jawa.

Ringkasnya, setelah anamnesis singkat yang rada basa-basi sambil ngarepin Edi dateng tapi ga dateng-dateng, akhirnya sampelah aku di pemeriksaan fisik dengan rada ga enak ati karna ruangan itu penuh sama 8-10 pasien lainnya. Aku pun minta ijin, "Maaf pak, boleh saya liat sebentar ga benjolannya..?"

Pasien, dengan semangat sambil buka sarungnya seolah-olah usianya masih 30 tahun, "Oooh.. boleh! Boleh mba! Dipegang-pegang juga boleh, diteken-teken aja sini..." sambil mau narik tanganku dan menunjukkan ke arah mana aku harus neken-neken scrotumnya..


Sumpah, kalo dia bukan pasien yang lagi kena Hernia Scrotalis Dekstra, aku bakal nganggep semangat itu sebagai semangat-yang-ga-ada-hubungannya sama Hernia Scrotalis Dekstra...




Cerita Ketiga
This is the most interesting story. HARAP DIINGAT! Ini bukan soal saya menganggap penyakit pasien adalah hal yang menarik dan menyenangkan untuk dikonsumsi. Saya bukan termasuk orang yang tertawa di atas penderitaan orang lain. Ini adalah pembelajaran untuk pengetahuan saya, dan saya menganggapnya menarik karena saya dapat memberi pengetahuan ini kepada orang lain (kamu) tentang apa yang saya dapat, supaya orang lain juga bisa menjaga tubuh dan kesehatan mereka sehingga tidak terkena penyakit seperti yang saya ceritakan.

9 Operasi di IBS, dan yang paling menarik adalah operasi ketiga yang aku ikuti.

Pasien Ny. R, usia 65 tahun, dengan Batu di Ginjal Kiri dan pembengkakan ginjal kiri derajat 3-4 (Diagnosis dokter : Nefrolithiasis sinistra dengan hidronefrosis grade 3-4) harus menjalani Nefretektomi yang artinya ginjal kirinya seluruhnya harus diambil saking besarnya batu yang berada di ginjal kirinya.

Liat bayangan putih di pojok atas itu?
Itu batunya. Bentuknya udah menyerupai ginjal.

Yang mengerjakan operasi ini adalah residen bedah. Tapi di tengah operasi, entah kenapa Residenku bener-bener susah ngambil ginjal kirinya yang seharusnya diangkat ke luar dari lubang dan dipotong lalu dijait. Tapi berkali-kali mencoba dan gagal, akhirnya kami konsul sama konsulen, yaitu dr. JS, Sp. B.

Setelah konsulen datang dan dilihat-lihat dari luar, ginjal kiri ini mengeluarkan nanah dan ada beberapa kista di dinding kapsulnya. Indikasi total untuk nefretektomi. Dan dengan cekatan, belum ada 5 menit, beliau tau kenapa tadi ginjal ini sulit keluar, beliau berhasil mengambil ginjal tersebut keluar, dengan ukuran yang ga disangka-sangka! 4-5 kali lebih besar dari ginjal normal!! Ini yang menyebabkan tadi susah banget keluarnya. Permukaannya berbenjol-benjol yang mana seharusnya mulus, bersih, dan licin, dan ada nanah+kista di dindingnya. Ga ada 15 menit kemudian, dengan cekatan ginjal itu dipotong dan dimasukkan ke dalam kantong plastik berisi formalin untuk dibawa ke Laboratorium Patologi Anatomi.

Do you wanna know how big it was?
Blurry, but here is the picture

Ginjal normal adalah seukuran sekitar telapak tangan saya
Ginjal dalam gambar : 4 kali genggaman telapak tangan saya

Dan batu di dalam ginjal itu...
Really.. It was such a big stone. Kalo disambung-sambungin mungkin ukurannya ada sekitar 6-8 cm. Padahal batu sebesar 0,5 cm ato lebih aja nyerinya udah setengah mampus *kata orang.


Keras... bagai batu..
*It is, moron!


Pasien ini post op dirawat di ICU kalo ga salah, dan walopun saya belum denger kabar terakhir karna saya ga follow up pasien ini, saya berharap beliau baik-baik saja dan dapat pulih seperti sedia kala. Amiin..


So people,
That's all my interesting stories about today. Berhubung gw ngenet di warnet dan ternyata turun ujan, jadi eik cepet-cepet deh ngelarin ni cerita :p

Kesimpulannya : baik-baik jaga kesehatan kamu. Jangan suka nahan kencing, baik-baik jaga asupan makanan, jangan berperilaku yang beresiko, gaya hidup sehat. Salah satu hal yang sangat mahal dibeli dengan uang adalah kesehatan.

And hello Yosi,
Jangan jadi dokter yang jarkoni, baek-baek jaga kesehatanmu juga yah!
;p

4 comments:

  1. Kamu tak follow lho yos..hahahaha..
    thx for the interesting story..
    Gbu..

    ReplyDelete
  2. WAH, ga nyangka lho cahyo, abs ga ada di list followerku, wkwkwkw *GR :p
    thankyou, thankyouu
    GBU too ^_^

    ReplyDelete
  3. dari pada dapat penyakit yg aneh2...mending olahraga aj...n jgn tunda untuk memulai hidup sehat...thnx God sampe hari ini sy masih sehat...nice info mbk yosi

    ReplyDelete
  4. @mas Rudi Watuwaya:
    betuuuul mas! Setuju sekaliiii, makasih udah mau bacaaa, semangat hidup sehaaaaat! "\(^_^)/"

    ReplyDelete