Friday, May 27, 2011

Salahkah Anak Terlalu Rajin Belajar?


PROLOG:
Hai Followers. I’ve been through such a busy days lately dan gw bener-bener vakum dari dunia internet selama beberapa hari ini (modem gw juga error sejak 1 bulan yang lalu). Gw bersyukur karna busy daysnya salah satunya menghasilkan duit karna joki jaga gw laku lumayan di kala gw kere cuy ;p

Jadi kalo gw ngejokiin jaga itu, gw akan dibayar untuk waktu yang udah gw luangin buat ngegantiin jaga. Penyebabnya bisa bermacam-macam kenapa joki-joki kayak gw ini laku, misalnya kebetulan yang jaga ada acara penting mendadak yang ga bisa ditinggalin, ato kecapekan. Sampai yang terparah adalah sakit. Dan masih banyak penyebab lainnya :D

Sebagai joki, kalo ada konsulan dari bangsal gw akan stand by dan gw periksa abis itu gw laporin ke konsulen sambil minta instruksi. Kalo ada pasien terminal/apneu gw yang siap-siap tangan dan kaki buat RJP dan lari-lari ke telpon buat nelpon konsulen. Nah gw ngejokiin dari jam 2 siang sampe jam 6 pagi hari berikutnya *lama ya ;p* padahal gw setiap hari selalu beraktifitas pula dari jam 6 pagi sampai siang hari. Jadi bisa dibayangkan kehidupan koas kayak gw, isinya kerjaan mulu ;p dan kebetulan gw ga cuma ngejokiin satu orang, tapi sekaligus pasangan jaganya. Artinya, kalo hari itu banyak konsulan dari pasien, gw yang handle semua konsulan bangsal sendirian sampe besok pagi!

Naahh, waktu gw ngejokiin kemaren, kebetulan tu Ruang Koas (Ruko) kek udah disiapin buat kedatangan gw, hahaha abisan banyak tabloid dimana-mana, ada tipi yang biasanya burem tapi kemarin lumayan cerah bisa ditonton, dan terutama yang menyenangkan adalah sepi konsulan! Jadi gw ga makan gaji buta karna pada dasarnya emang sepi dan kerjaan gw cuma baca-baca tabloid doank ;p

Nahhh lagi, waktu gw baca-baca tabloid, gw menemukan sebuah artikel yang sangat menarik di salah satu tabloid, dan karna gw udah janji gw akan posting sesuatu yang lebih bermutu daripada kemaren-kemaren *hehehe* gw pengen share itu disini. Artikelnya berjudul seperti judul posting gw hari ini, “Salahkah Anak Terlalu Rajin Belajar?”

* * * * *

Dear followers, tulung eh tulung kalian inget-inget kembali waktu jaman kalian sekolah atau kuliah. Kalo ada bapak-bapak ato ibu-ibu yang baca posting ini pesen gw cuma satu: posting ini juga bisa buat anak kalian kelak loh, hihihihi ;p

Nah, kembali ke inget-inget lagi jaman kalian sekolah/kuliah, gw mau tanya apakah ada temen kalian yang kerjaannya bacain bukuuu mulu! Ato paling engga pokoknya yang terkenal pinter dah karna rajinnya belajar, top of the top, ga pernah kena remidial, en blablabla. Kita pasti tau, orang pinter dimana-mana paling bisa diandalkan kalo urusannya udah soal ilmu pengetahuan. Di saat kita kecele ga ngerti jawabannya apa kalo ditanyain guru/dosen, pasti ngeliriknya orang yang paling kita anggep pinter di deket kita. Ato di saat kita mentok sama inspirasi jawaban ujian dari kancing baju, kita akan tergoda buat ngelirik kertas jawaban temen kita yang paling jago dan satu-satunya doa adalah “Semoga tulisannya ga kayak ceker ayam jadi gw bisa baca dan contekin!” :D

Nah pertanyaan gw adalah, Apakah tipe-tipe orang seperti mereka-mereka ini adalah orang yang sangat serius ato orang yang kerjaannya cekikikan kemana-mana? Apakah mereka tipe yang suka kemana-mana harus kudu minimal sama temennya, ato mereka kemana-mana sering sendirian dan sering menyendiri? Terakhir, apakah mereka adalah orang yang sering duduk-duduk santai nongkrong di salah satu sudut kota ato lebih memilih untuk ga bergaul karna buku/pelajaran lebih penting daripada hang out sama temen-temen di kafe ato mall (di Purwokerto kaga ada mall ;p). Dan lain-lain ;p

Kalo kalian tidak bisa menemukan contohnya. Gw kasih satu contoh yang berhubungan sama artikel yang gw baca, yaitu gw sendiri! :-O

Oopss.. ini bukan soal gw yang mengklaim diri sendiri bahwa gw pinter dan paling bisa diandalkan, en blablabla. SORRY, ini bukan soal itu!

Jadi dalam artikel ini dikatakan bahwa anak yang terlalu rajin belajar memang memiliki nilai akademis yang lumayan dibandingkan teman-temannya, tapi biasanya *biasanya ni gw bilang* mereka juga anak yang sangat serius, senang menyendiri, punya sedikit sahabat, dan ga bisa lepas dari buku. Psikolog Anak, Fika F. Yunita, dari RS Royal Progress dalam artikel tersebut mengatakan bahwa anak yang terlalu rajin belajar perkembangan emosionalnya biasanya terganggu. GW bukan orang yang ga bisa lepas dari buku, tapi gw mengakui sisanya kalo udah berurusan sama pelajaran/mata kuliah ato untuk saat ini adalah pekerjaan gw sebagai koas :)

Ga muna yah mungkin ada orang pinter yang juga pandai bergaul, gw termasuk orang yang sebisa mungkin bergaul kalo ada kesempatan, jadi gw menolak banget kalo gw dibilang kuper ;p. Tapi gw tetap mengakui kalo udah di dalam Rumah Sakit, gw menjadi orang yang sedikit berbeda sama gw di luar Rumah Sakit. Gw sempet berpikir ini kepribadian ganda *cemas :-s* tapi gw rasa ini berhubungan dengan terganggunya perkembangan emosional yang akan gw ceritakan sebentar lagi ;p

Dalam artikel tersebut, Fika F. Yunita menceritakan bahwa mungkin ada 2 faktor yang berpengaruh dalam gangguan perkembangan emosional ini yaitu : faktor internal dan eksternal.

Faktor internal bisa disebabkan oleh hal-hal berikut ini:
  • Rasa ingin tahu yang besar. Jadi emang pada dasar anaknya suka eksplore, suka penasaran, seneng cari-cari tau sampai rasa ingin tahunya terpenuhi. Dan gw akui, kalo ini emang gw banget! Hehehehe :D
  • Motivasi belajar tinggi. Nah untuk anak yang begini ini bisa disebabkan oleh dua hal lagi yaitu faktor bawaan dan faktor lingkungan, emang sengaja ditumbuhin lingkungan gitu seperti keluarga, sekolah, rumah. Gw termasuk yang kedua. Pada dasarnya sebenernya motivasi belajar gw ga besar-besar amat, gw sebenernya belajar kalo ada rewardnya dan jelas tentu masih sering banyak malesnya ;p tapi karna dari kecil gw dibentuk lingkungan supaya mengutamakan pendidikan, jadilah gw seperti ini T.T
  • Perfeksionis. Oh My Ghost, this is almost me! *almost loh* Anak yang terlalu rajin belajar biasanya adalah orang yang perfeksionis. TAPI itu dilakukannya karna dia Takut Melakukan Kesalahan. Sehingga belajar adalah cara yang dilakukannya untuk mengurangi ketakutannya melakukan kesalahan! Nahhh, kalo ada lo orang pada negatip thinking sama orang-orang perfeksionis, heyyy.. don’t judge them from their cover early *Ngebelain ni ceritanya ;p*. Mereka udah punya permasalahan emosional sendiri yang ga perlu lo tambahin ribet sama judgement kalian. Mereka bukan terbiasa benar sehingga jadi perfeksionis, tapi saking takutnya menjadi salah sehingga mereka selalu berusaha untuk menjadi benar, that’s the truth! ;p
  • Faktor terakhir kenapa anak rajin belajar, itu karna emang dasarnya hobi/minat dan merasa belajar bukan tuntutan. Kalo ini si kayaknya bukan gw, hihihihi ;p

Faktor kedua adalah faktor eksternal yang meliputi :
  • Tingginya harapan orang tua.
  • Pengaruh teman sekolah yang senang belajar
  • Pengalihan perhatian dari masalah.

Gw termasuk yang pertama dan yang ketiga. Faktor utamanya karna orang tua gw benar-benar menaruh harapan besar pada gw sehingga sebagai anak gw merasa harus selalu memberikan yang terbaik yang gw punya untuk memenuhi harapan mereka :) Kalo pengalihan perhatian si gw ngeliatnya selama gw lagi freak2nya jaman SMP dulu, nilai-nilai gw Puji Tuhan masih baik. Makanya gw anggep itu sebenernya pengalihan perhatian juga, hihihihi ;p

Nah, Fika F. Yunita juga mengatakan ciri lain dari anak yang terlalu rajin belajar adalah: sering memforsir diri, jadi sering memaksa diri sendiri sampai batas kemampuannya yang paling akhir (gw kalo soal kuliah ga begitu, tapi dalam hal pacaran gw sering begitu loh, watch out ;p), teruusssss karna sering takut berbuat kesalahan biasanya anak juga menjadi kurang kreatif dan tidak luwes (Kalo ini si Puji Tuhan gw merasa ga kebangetan kekurangan disitunya ;p)

Efek negatifnya adalah anak jadi sering stress saat mengalami kegagalan dan sering banget cemas dan tegang. See? That’s my anxiety disorder I talked about yesterday! Itu jawaban kenapa gw sering ngerasa gw berbeda di dalam dan di luar Rumah Sakit. Di dalam Rumah Sakit sebagai Koas gw akui tekanannya lebih besar, dan kesalahan kecil bisa menjadi kesalahan fatal. Ini bukan soal ngadepin pasien (Ntar repot di gw donk kalo udah jadi dokter tapi stress di Rumah Sakit) Tapi ini sebagai koas, kasta terendah dalam Rumah Sakit, tempatnya salah dan disalahin, dan tempatnya lupa dan dilupain T.T

Itu kenapa gw sering cemas/tegang/stress selama gw koas yang biasanya kalo gw udah ga bisa handle, tanpa sadar akan terbawa dalam kehidupan sosial gw *Ampon, rugi di gw donk.. T.T

Tapi efek positifnya jelas ada dooonk! B-)
Fika F. Yunita mengatakan bahwa anak yang rajin belajar juga adalah anak yang mandiri! Itu kenapa gw ga tergantung orang lain, dan gw suka menyendiri bukan karna gw ga punya temen, tapi karna gw memang ga suka menggantungkan beban yang gw punya ke temen-temen ato sahabat gw ato pacar gw misal kalo gw ada pacar. Itu kenapa juga kalo pacaran gw jarang bawa-bawa kerjaan koas/Rumah Sakit ke dalam pembicaraan gw, gw jarang mengeluh soal kerjaan. Kalo mengeluh itu pasti ada tujuannya kek cari perhatian en blablabla, hahaha ;p Dan sebenernya itu juga kenapa gw ga suka sama anak manja, hihihihi ;p

Efek positif lainnya adalah otak gw adalah otak yang cukup sistematis, jadi kerjaan gw bisa efisien, tepat waktu, sekali muncul satu hal gw sudah berpikir ke banyak hal di depan dan dibelakangnya. Overall, itu banyak menguntungkannya loh ;p

* * * * * * *

Nah, itu semua yang bisa gw share hari ini di sini. Gw harap ini bisa menambah wawasan kita termasuk wawasan gw ke diri sendiri dan ke anak gw kelak ;p

Itu juga kenapa akhir-akhir ini gw mulai merubah diri, mengurangi kekurangan gw dan menambah kelebihan gw, salah satunya gw mau lebih having fun lagi. Kenapa? Karna seperti kata dedengkot-dedengkot FK dan para sesepuh-sesepuh dokter. Mereka semua mengatakan bahwa : Menjadi dokter adalah Belajar Sepanjang Hayat. Selain Life is never ending learning process, being a doctor is also a never ending learning process!

Makanya, gw suka banget quote salah satu nasihat dari curhatan Koas di Kaskus yang pernah gw baca:
"lo cuma bisa jadi dokter yg bener, selama hidup lo sendiri bener...
kalo lo gak ada hobby atau apa lah sebagai alternatif selaen kedokteran, lo bakal burned out in no time

so take care of yourself,
always choose your private life over your clinical stuffs...
sacrificing your life for medicine that destroys you is not a good option,
atau lo mesti ubah pandangan lo terhadap medicine."



Pertanyaan terakhir, gw cuma penasaran:
Calon laki gw kelak bisa ngertiin gw ga yah??? :D



No comments:

Post a Comment